Mohon tunggu...
Aryyo Widagdho
Aryyo Widagdho Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor

Mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Darussalam Gontor Semester 8. Memiliki ketertarikan dalam dunia public relations, jurnalistik, fotografi, desain grafis dan digital. Memiliki kemampuan dalam mengelola pesan (layanan Informasi dan Publikasi) dan mengoperasikan software desain (Photoshop, Corel Draw dan In Design).

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Optimalisasi Instagram di Gontor Putri Kampus 2: Meningkatkan Branding dan Kreativitas Informasi

19 November 2024   07:30 Diperbarui: 19 November 2024   07:41 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan Manajemen Branding Media Sosial dan Penulisan Press Release pada Media Digital Pesantren oleh Tim UNIDA Gontor

Mantingan, Ngawi, 10 November 2024 – Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan media sosial untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pesantren, tim pengabdian Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mengadakan pelatihan bertema Optimalisasi Media Sosial Instagram sebagai Media Informasi. Kegiatan yang merupakan bagian dari hibah internal UNIDA Gontor ini berlangsung di Mini Meeting Hall Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 dan melibatkan sembilan ustadzah bagian sekretaris pengasuh yang juga merangkap sebagai bagian Humas (PR) pesantren.

Pelatihan terdiri dari dua sesi utama. Sesi pertama, Pelatihan Manajemen Branding Media Sosial, dilaksanakan pada Senin, 4 November 2024, dengan pemateri Muhammad Fahmi Manshuri, mahasiswa semester 8 Program Studi Ilmu Komunikasi UNIDA Gontor sekaligus kru Suargo FM. Sesi kedua, Press Release pada Media Digital Pesantren, dilaksanakan pada Ahad, 10 November 2024, dengan pemateri Mohammad Luthfi, M.I.Kom., Wakil Dekan III Fakultas Humaniora UNIDA Gontor.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi, Bambang Setyo Utomo, M.I.Kom., membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya memahami media sosial sebagai sarana informasi pesantren kepada masyarakat. “Kegiatan ini adalah langkah penting untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola media sosial secara optimal, sebagai bentuk kreativitas yang mendukung informasi pondok,” ujarnya.

Pelatihan tidak hanya berupa pemberian materi, tetapi juga praktik langsung. Para peserta belajar membuat unggahan Instagram dengan elemen-elemen yang mendukung branding pesantren secara profesional, serta menyusun press release untuk mempublikasikan kegiatan pelatihan ini.

Sebagai bentuk dukungan, tim pengabdian UNIDA Gontor menyerahkan seperangkat alat pencahayaan dan baterai untuk menunjang kualitas foto dan video yang akan diunggah di Instagram PMDG Kampus Putri 2. Langkah ini diharapkan mampu meningkatkan daya tarik konten pesantren dan memperluas jangkauan informasi kepada publik.

Penulis: Bambang Setyo Utomo

Editor: Aryyo Widagdho

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun