Mohon tunggu...
Arya Suryanegara
Arya Suryanegara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Undip Menyadarkan Pentingnya Kesadaran Brand pada UMKM

12 Agustus 2022   23:02 Diperbarui: 13 Agustus 2022   15:11 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemasangan Spanduk pada Toko UMKM Keripik Singkong (Dokumen Pribadi)

Tangerang Selatan - Arya Suryanegara, salah satu anggota dari TIM II KKN Universitas Diponegoro (Undip) 2021/2022 yang berada di Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu melakukan program KKN berupa workshop brand awareness pada salah satu UMKM yang berada di Kademangan. UMKM tersebut berupa keripik singkong pedas manis.

Brand awareness merupakan kemampuan konsumen untuk dapat mengenali suatu merek berdasarkan hal kecil dari produk yang dilihatnya, misalnya logo, bentuk kemasan, lokasi toko, atau slogan.

Program workshop brand awareness ini ditujukan untuk menyadarkan pemilik UMKM pentingnya sebuah merek pada suatu produk. workshop ini terdiri dari tiga rangkaian. Kegiatan pertama dilakukan dengan mengajarkan pemilik UMKM cara memanfaatkan Instagram sebagai wadah untuk meningkatkan brand awareness terhadap merek usaha keripik singkong tersebut.

Kegiatan kedua meliputi pembuatan logo, pembuatan akun instagram bisnis dengan nama @tokokuebangblack, dan juga pembuatan spanduk untuk toko. pembuatan logo dan spanduk toko berdasarkan merek yang pernah didaftarkan sebagai hak kekayaan intelektual (HAKI).

Kegiatan terakhir, yaitu pemasangan spanduk, penyerahan logo dan spanduk dalam bentuk softcopy, dan pembuatan sticker logo untuk ditempelkan pada kemasan produk.

Penyerahan Sticker Logo UMKM Keripik Singkong kepada Bapak Saiful (Kanan) Selaku Pemilik UMKM (Dokumen Pribadi)
Penyerahan Sticker Logo UMKM Keripik Singkong kepada Bapak Saiful (Kanan) Selaku Pemilik UMKM (Dokumen Pribadi)
Bapak Saiful, selaku pemilik UMKM keripik singkong pedas manis merasa sangat terbantu dengan adanya workshop ini. Hal ini dikarenakan bisnis yang dikelolanya belum memiliki logo dan spanduk.


Harapannya, dengan dilaksanakannya workshop ini, UMKM keripik singkong milik Bapak Saiful lebih dikenal masyarakat luas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun