Tangerang Selatan - Arya Suryanegara, salah satu anggota dari TIM II KKN Universitas Diponegoro (Undip) 2021/2022 yang berada di Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu melakukan program KKN berupa workshop brand awareness pada salah satu UMKM yang berada di Kademangan. UMKM tersebut berupa keripik singkong pedas manis.
Brand awareness merupakan kemampuan konsumen untuk dapat mengenali suatu merek berdasarkan hal kecil dari produk yang dilihatnya, misalnya logo, bentuk kemasan, lokasi toko, atau slogan.
Program workshop brand awareness ini ditujukan untuk menyadarkan pemilik UMKM pentingnya sebuah merek pada suatu produk. workshop ini terdiri dari tiga rangkaian. Kegiatan pertama dilakukan dengan mengajarkan pemilik UMKM cara memanfaatkan Instagram sebagai wadah untuk meningkatkan brand awareness terhadap merek usaha keripik singkong tersebut.
Kegiatan kedua meliputi pembuatan logo, pembuatan akun instagram bisnis dengan nama @tokokuebangblack, dan juga pembuatan spanduk untuk toko. pembuatan logo dan spanduk toko berdasarkan merek yang pernah didaftarkan sebagai hak kekayaan intelektual (HAKI).
Kegiatan terakhir, yaitu pemasangan spanduk, penyerahan logo dan spanduk dalam bentuk softcopy, dan pembuatan sticker logo untuk ditempelkan pada kemasan produk.
Bapak Saiful, selaku pemilik UMKM keripik singkong pedas manis merasa sangat terbantu dengan adanya workshop ini. Hal ini dikarenakan bisnis yang dikelolanya belum memiliki logo dan spanduk.
Harapannya, dengan dilaksanakannya workshop ini, UMKM keripik singkong milik Bapak Saiful lebih dikenal masyarakat luas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H