Mohon tunggu...
Aryani Firiana
Aryani Firiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

31 Oktober 2022   13:35 Diperbarui: 31 Oktober 2022   13:38 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Tak heran belum tentu semua orang mengenal diri nya sendiri. Bahkan banyak pula yang mengatakan diri nya biasa saja, Tapi itu salah. Semua orang pasti memiliki keunggulan tersendiri tetapi tergantung dengan dirinya sendiri apabila dirinya sudah mengenali bagaimana sosok dirinya ia akan menemukan keunggulan dalam diri nya tapi jika ia tidak mengenali dirinya maka ia tidak akan menemukan keungglan dalam dirinya. Keunggulan tidak hanya pada bidang akademik melainkan bisa di bidang non akademik. Pemuda zaman sekarang banyak sekali yang memiliki keunggulan salah satunya keunggulan dalam dunia teknologi. Tak hanya itu mengenal diri sendiri itu sangat penting,kelihatannya mengenal diri sendiri itu mudah tapi kenyataannya itu sulit seperti yang dikatakan Buya Hamka "Mengenal diri sendiri jauh lebih sukar daripada ingin mengetahui kepribadian orang lain. Sebab itu, Kenalilah dirimu sebelum mengenal pribadi orang lain". Kita tidak tahu bahwa mengenal diri sendiri memiliki manfaat yang begitu banyak. Termasuk saya yang mungkin sedikit sulit mengenali diri sendiri. Begitu sudah mengenali diri sendiri saya dapat merasakan kelebihan dan kekurangan yang saya miliki. Banyak pengalaman yang saya miliki ketika sudah mengenali diri sendiri.

            Dulu saya pernah mengikuti acara sekolah yakni menciptakan teaser sebuah novel dan ternyata saya terpilih menjadi salah satu teaser novel terbaik. Dengan begitu saya tau bahwa saya memiliki keunggulan dalam membuat karya tulis. Hobi juga merupakan keunggulan kita seperti saya mempunyai hobi menggambar, membaca, memasak. Selain itu saya juga pernah mengikuti lomba olimpiade Biologi se -- Jawa Timur. Disini saya hanya masuk dibabak final tetapi tidak membuat saya putus asa, saya menambah semangat dalam menambah wawasan dibidang akademik. Selain dalam bidang akademik dan non akademik kita juga harus aktif dalam suatu organisasi. Apapun organisasinya selama memberikan pelajaran bagi kita, kita harus aktif atau ikut. Dengan kita mengenal diri kita jadi paham akan peran kita dalam kehidupan serta kita menjadi tahu tujuan kedepannya kita akan menjadi apa. Untuk semua siswa yang masih bingung untuk masuk ke prodi apa, kenali dirimu dahulu baru kamu akan tahu arah kemana yang harus kamu tempuh. Selain itu kita juga bisa mempelajari atau mendalami skill -- skill yang kita tekuni. Pada akhirnya kita akan menemukan visi dan misi dalam hidup yang sesuai dengan kelebihan dan kekurangan pada diri kita. Maka dari itu kenalilah dirim sendiri dan kembangkan kelebihanmu selagi masih banyak waktu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun