Perkembangan dunia pendidikan semakin meningkat terutama dari beberapa sektor, khususnya sektor pendidikan, hal ini tentunya mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikannya dan kualitas lulusannya. Tentunya Kualitas yang ditingkatkan tidak hanya berupa nilai ataupun Hard skill nya tapi juga bisa dengan meningkatkan Soft skill yang sangat berguna untuk dipakai saat kerja dan semua itu bisa dilakukan dengan cara adanya program magang/praktek kerja lapangan. Dalam praktek kerja lapang ini saya Arya Gigih Bryan Nugraha dan teman saya Prasetya Bagus Pratama dari Universitas Muhammadiyah Malang melakukan praktek kerja lapang untuk mengetahui tentang strategi pemasaran apa yang dilakukan di Agrowisata Lumbung Stroberi yang terletak di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.
Pengelolaan Agrowisata merupakan suatu bentuk kegiatan untuk meningkatkan perekonomian indonesia berbasis wisata alam dengan memanfaatkan potensi alam di Indonesia yang melimpah. Dalam memanfaatkan potensi agribisnis dan teknologi pertanian serta bahan baku pertanian dan pengelolaan hasil pertanian hingga siap untuk dipasarkan untuk menambah pengetahuan, pengalaman rekreasi dan hubungan bisnis di bidang pertanian serta dapat menambah kesejahteraan masyarakat di daerah sekitar Agrowisata tersebut. Agrowisata pun menjadi nilai tambah penting dalam usaha menambah lapangan pekerjaan dan membuka peluang sebagai sumber pendapatan alternatif bagi petani dan menjadi wujud konsep multifungsi pertanian.
Pandanrejo adalah sebuah desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Desa Pandanrejo secara topografi terletak diantara kaki Gunung Arjuno dan Gunung Panderman, sehingga untuk kondisi iklim dan tanah pada desa tersebut cocok dalam menjadikan stroberi sebagai produk unggulan. Selain menjadikan stroberi sebagai produk unggulan, Desa Wisata Lumbung Stroberi juga mengemas produk stroberi dan kebunnya sebagai wisata edukasi. Di sisi lain, dengan kondisi topografi yang mendukung, Desa Wisata Lumbung Stroberi juga dilengkapi dengan atraksi yang memanjakan para pengunjung, seperti olahraga arung jeram, outbond, kafe, paintball, tubing, dan lain-lain.
Stroberi (Fragaria sp.) Merupakan salah satu jenis buah-buahan yang akan kaya akan manfaat dan nilai ekonomis yang tinggi dan tentunya stroberi pun memiliki daya tarik dan disukai oleh banyak orang karena warnanya yang menarik identik dengan warna merah dan juga tentunya memiliki rasa yang manis dan lezat. Selain buah yang segar stroberi pun dapat juga digunakan untuk berbagai produk olahan seperti selai, sirup, yoghurt, eskrim dan berbagai macam produk lainnya. ini membuka peluang bagi industri makanan makanan dan minuman untuk menciptakan produk berbasis stroberi.
Strategi pemasaran merupakan rencana mendalam bagi organisasi dalam bidang pemasaran untuk mencapai visi misi perusahaan dan tujuan utama perusahaan, yaitu memperoleh laba dan keutungan sebanyak-banyaknya”.Didalam strategi pemasaran terdapat Bauran pemasaran yang merupakan alat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan dan semua ini ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih.Agrowisata Lumbung Stroberi menerapkan Bauran pemasaran (marketing mix) memiliki empat variabel yang dapat mempengaruhi saluran perdagangan dan konsumen akhir. Keempat Variabel itu adalah Produk (product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion).
- Product (Produk)
produk adalah suatu yang bersifat kompleks, yang dapat diraba maupun tidak dapat diraba, yang di dalamnya termasuk kemasan, harga, prestise perusahaan dan pelayanan jasa perusahaan yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhannya. produk yang ditawarkan oleh Agrowisata Lumbung Stroberi disesuaikan dengan kebutuhan dan selera konsumen. Agrowisata Lumbung Stroberi memiliki beberapa produk dan jasa yang ditawarkan yaitu untuk produk berupa stroberi segar yang sudah dipacking dengan mika dan karton, jus sroberi,dan sari buah stroberi, sedangkan untuk jasa yaitu petik tanaman stroberi dan edukasi tanaman stroberi.
- Price (Harga)
Harga adalah jumlah uang (kemungkinan ditambah beberapa barang) yang dibutuhkan untuk memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya. Dalam hal ini yang paling penting membuat konsumen tetap puas yaitu dengan memberikan produk dan jasa secara rutin pada tingkat harga yang masuk akal dan mau konsumen bayar. Penetapan harga merupakan suatu ketetapan cukup kompleks dan sulit bagi perusahaan. Perusahaan harus menetapkan harga yang paling tepat dalam arti memberikan keuntungan yang paling baik.Penentuan harga yang dilakukan Agrowisata Lumbung Stroberi pada bagian jasa petik stroberi, untuk tiket diterapkan sekitar Rp. 25.000/orang setelah itu, dilanjutkan dengan penimbangan buah stroberi Rp.6000/ons.Untuk bagian produk stroberi segar dijual dengan harga berkisar Rp.30.000/Box dengan berat kurang lebih 500gr, lalu untuk jus stroberi diberi harga berkisar 15.000/Cup, sedangkan untuk harga sari buah stroberi diberi harga 10.000/Botol.
- Place (Tempat)
Place atau Tempat adalah posisi atau letak dimana perusahaan akan menjalankan proses transaksi jual-beli produknya, baik barang ataupun jasa. Tempat atau lokasi yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan atau dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Saat ini Agrowisata Lumbung Stroberi memiliki delapan kebun petik stroberi dan terletak pada salah satu desa wisata yang saat ini dapat menarik banyak perhatian publik yang berada di Dusun Pandansari, Desa Pandanrejo, Kota Batu. Desa Pandanrejo secara topografi terletak diantara kaki Gunung Arjuno dan Gunung Panderman, sehingga untuk kondisi iklim serta tanah pada desa tersebut cocok dalam menjadikan stroberi sebagai produk unggulan dan sangat strategis di jadikan tempat destinasi wisata, saat ini Agrowisata Lumbung Stroberi memiliki 8 kebun petik stroberi.
- Promotion (Promosi)
Pada hakikatnya promosi merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran. Promosi dilakukan oleh suatu perusahaan dengan tujuan memberitahukan keberadaan produk tersebut serta memberi keyakinan tentang manfaat produk tersebut kepada pembeli. Promosi merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan volume penjualan. Untuk meningkatkan daya tarik kepada pelanggan Agrowisata Lumbung Stroberi melakukan kegiatan promosi melalui secara langsung yaitu dengan melalui melalui satu orang ke orang lainnya (personal selling), pihak Agrowisata Lumbung stroberi juga mempromosikan lewat media sosial (digital marketing) seperti WhatsApp, Instagram, Tiktok, Website.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H