Mohon tunggu...
arya astina
arya astina Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi pendidikan, Trainer, Penulis

“Mendedikasikan diri di dunia pendidikan dan pelatihan untuk mewujudkan generasi yang berkualitas”

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Di Balik Kurikulum: Nilai-nilai yang Menjadikan Anak Unggul

8 November 2024   19:41 Diperbarui: 8 November 2024   21:22 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Saya bangga anak saya sekolah di sini. Mereka pakai kurikulum internasional!" Ucapan ini sering terdengar dari para orang tua yang puas melihat anaknya belajar dengan kurikulum dari luar negeri. Mereka merasa tenang, berpikir bahwa pendekatan global dan modern ini akan memastikan masa depan anak yang cerah dan penuh peluang. Namun, ada satu pertanyaan penting yang sering terlupakan: apakah kurikulum canggih saja cukup untuk membentuk anak-anak menjadi pribadi yang tangguh, penuh empati, dan berkarakter?

Kebanggaan pada kurikulum internasional memang wajar. Kurikulum ini biasanya menawarkan pendekatan yang interaktif, fleksibel, dan selaras dengan tuntutan zaman. Namun, sehebat apa pun kurikulum tersebut, ia tetap hanya alat. Tanpa nilai-nilai positif yang hidup di lingkungan sekolah, kurikulum itu ibarat tempurung kosong. Anak-anak mungkin tumbuh cerdas, tetapi apakah mereka peduli? Apakah mereka belajar tanggung jawab, kejujuran, atau empati? Di sinilah peran hidden curriculum, kurikulum tak terlihat yang hadir dalam sikap, tindakan, dan nilai-nilai yang ditunjukkan setiap hari oleh guru dan staf di sekolah.

Bayangkan sebuah sekolah yang tidak hanya unggul karena kurikulumnya, tetapi juga karena teladan para gurunya. Di sekolah seperti ini, nilai seperti kejujuran, rasa hormat, ketulusan, dan empati bukan hanya tulisan di dinding, tetapi prinsip yang tertanam melalui interaksi sehari-hari. Guru-guru bukan sekadar pengajar, mereka adalah sosok panutan yang menjadi cerminan hidup nilai-nilai positif tersebut. Misalnya, ketika guru datang tepat waktu, siswa menyaksikan pentingnya disiplin. Ketika guru berbicara dengan bahasa yang sopan dan menghormati pendapat siswa, mereka belajar makna menghargai orang lain. Ketika guru menunjukkan kesabaran dan ketulusan dalam membimbing, siswa mengamati cara-cara menjalin hubungan yang tulus dan penuh empati.

Inilah esensi dari hidden curriculum, proses pembelajaran yang tidak tertulis, tetapi melalui pengamatan dan peneladanan. Di sini, para siswa tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga menyerap kompas moral. Mereka dididik bukan hanya untuk menjadi cerdas, tetapi juga untuk peduli, menghargai perbedaan, dan bekerja keras dengan integritas. Tanpa disadari, tindakan para guru menjadi bahan pelajaran berharga yang terpatri dalam ingatan dan membentuk pribadi anak-anak kita.

Kurikulum akademik (formal) yang baik bisa memberikan dasar yang kuat, tetapi tanpa nilai-nilai yang melekat dalam tindakan nyata, hanya mencetak individu yang cerdas tanpa jiwa. Pengetahuan yang disampaikan tanpa kejujuran bisa melahirkan kecerdasan yang licik, dan keterampilan tanpa empati hanya menciptakan generasi pintar yang acuh pada lingkungan. Di sinilah peran penting para guru sebagai bagian dari hidden curriculum, menjadi teladan hidup bagi siswa, membentuk mereka menjadi pribadi utuh yang siap menghadapi dunia dengan kepala tegak dan hati yang tulus.

Sekolah yang unggul bukan hanya fokus pada prestasi akademis, tetapi juga menciptakan lingkungan di mana nilai-nilai positif menjadi pusat dari setiap tindakan. Ketika guru menunjukkan ketulusan, menghargai proses belajar, dan mengajarkan saling mendukung daripada sekadar bersaing, siswa belajar lebih dari pelajaran akademis, mereka belajar pelajaran hidup yang akan terus mereka bawa. Inilah warisan sesungguhnya yang mereka dapatkan dari sekolah, bukan sekadar pengetahuan, tetapi kebijaksanaan yang akan menjadi landasan hidup mereka.

Jadi, sekolah yang benar-benar unggul melihat kurikulum hanya sebagai alat, bukan tujuan akhir. Yang penting bukan hanya "apa" yang diajarkan, tetapi "bagaimana" nilai-nilai tersebut dihidupkan dan dihayati. Pendidikan sejati membangun generasi yang cerdas, berkarakter, dan siap menjalani hidup dengan keberanian serta kepedulian, dengan para guru sebagai panutan utamanya.

Pada akhirnya, sekolah adalah tempat untuk menumbuhkan kecerdasan dan karakter secara berdampingan. Sekolah yang memahami ini akan melahirkan generasi yang tidak hanya pintar, tetapi juga berhati besar dan siap menjadi panutan bagi lingkungan mereka. Mari kita jadikan sekolah sebagai tempat tumbuhnya ilmu dan kebijaksanaan, di mana para guru menjadi sosok teladan yang menginspirasi generasi muda.

Oleh: Arya Astina

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun