haihaiihaii
Apa Kabar kalian para readers...Semoga kalian selalu bahagia yaa...
Baik, dalam artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana sih caranya memanajemen siswa di jenjang sekolah dasar, agar bisa menjadikan pembalajaran di dalam kelas itu nyaman dan efektif.
Sebagai Pendidik di sekolah dasar,anda harus mengetahui karakter dari masing-masing siswa di sekolah dasar,apalagi untuk jenjang anak sekolah dasar biasanya anak memang masih memliki kemampuan berpikir,beradaptasi,dan berorientasi yang cukup rendah jika di bandingkan dengan anak sekolah menengah.Â
Rata-rata anak sekolah dasar masih memiliki ego dan tingkat emosi yang tinggi,jadi apabila sedikit tersinggung,pasti anak sekolah dasar langsung meledak-ledak emosinya,meskipun sekolah dasar adalah ajang anak untuk mengenal lingkungan baru pendidikan,mencari teman,dan bercanda ria bersama teman-teman sebaya-nya.Â
Maka dari itu saya akan memberikan tips kepada para pendidik ataupun calon pendidik semua,agar bisa menciptakan lingkungan kelas yang nyaman sebagai penunjang efektifitas pembelajaran, simak baik-baik ya ;
1. Sebelum memulai awal pembelajaran semester baru, buatlah aturan yang siswa nya juga terlibat dalam pembentukan aturan tersebut.
2. Setelah itu,sebagai pendidik kita harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan murid dan orang tu,nah untuk saat ini biasanya pendidik dan wali murid tergabung dalam satu grup komunikasi,dengan tujuan untuk memudahkan penyampaian kekurangan dalam pembelajaran,ataupun kepentingan lain yang menunjang keefektifan pembelajaran.
3. Sampaikan aturan kepada siswa dan wali murid dengan tegas penuh empati. Saat suasana kelas sedang tidak kondusif, guru harus mampu meredam suasana menjadi lebih tenang, namun tantangannya guru harus menghindari bentakan atau meninggikan suara. Guru yang mampu berkomunikasi dengan tenang dan emosi yang stabil di kelas, akan mempengaruhi cara siswa dalam menerima pesan yang disampaikan.Â
Namun perlu diingat untuk tetap bersikap tegas, agar siswa mengerti batasan dan menghormati Anda sebagai guru. Siswa cenderung memperlakukan guru berdasarkan perlakuan guru terhadapnya. Disisi lain kita harus memberi tahu aturan-aturan yang ada di dalam kelas kepada wali murid,agar wali murid juga bisa membantu mengondisikan sikap sang anak ketika berada di luar sekolah.Â
4. Sebagai pendidik kita harus bisa membuat siswa tidak memiliki tekanan terlebih dahulu ketika hendak memulai pembelajaran. Biasanya yang dilakukan oleh para pendidik untuk mengatasi hal ini dengan,melakukan kontak saling bertukar cerita sesama pendidik dan murid,bisa juga seorang pendidik mengadakan game kecil- kecilan terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran.