Mohon tunggu...
Arwin yafirahmatullah
Arwin yafirahmatullah Mohon Tunggu... Lainnya - Sajak kata

Lakukan selagi bisa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Excellent Leaders Member Exchange Goto

2 Desember 2023   11:29 Diperbarui: 2 Desember 2023   11:37 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inpuhttps://id.wikipedia.org/wiki/GoTo_Gojek_Tokopediat sumber gambar

Excellent Leaders Member Exchange GoTo

Dimas Aprilian1, Gea Evi Denita1, Purbudi Wahyuni2

(Magister Manajemen Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)

Merger merupakan perbuatan badan hukum yang dilakukan oleh perusahaan dengan perusahaan lainnya untuk menggabungkan diri dan bersama -- sama menjalankan usahanya yang dimaksudkan agar dapat memberikan keefektifan dalam berusaha serta membantu usaha kecil yang sedang membutuhkan dana segar agar usahanya tetap berjalan dengan baik (Sudjana 2016:106).

Merger paling sering dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan pangsa pasar lebih banyak, mengurangi biaya operasi, memperluas ke wilayah baru, meyatukan produk bersama, meningkatkan pendapatan dan meningkatkan laba, dimana semuanya harus menguntungkan pemegang saham perusahaan. 

Pada tanggal 17 Mei 2021, Gojek dan Tokopedia (GoTo) resmi merger bergabung dalam satu grup yang bernama GoTo. Nama GoTo ini memang cukup unik, namun ada filosofis dibalik nama itu. Mengutip dari status facebook pribadi CEO Tokopedia yakni William Tanuwijaya mengungkapkan bahwa GoTo berasal dari singkatan Gojek dan Tokopedia, selain itu juga merupakan singkatan dari kata gotong-royong. CEO dari Tokopedia, William Tanuwijaya menjelaskan bahwa tujuan dari merger GoTo yaitu untuk memberikan dampak sosial yang lebih besar lagi bagi Indonesia termasuk bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yaitu usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Harapannya dengan adanya Grup GoTo ini UMKM bisa mengembangkan bisnisnya dan pada yang bersamaan memberikan akses kepada barang dan jasa yang ada di penjuru Indonesia.

Pada dasarnya 2 perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang sangat sukses di asia tenggara, perusahaan tersebut tentunya memiliki strategi bisnis yang berbeda satu sama lain. Terdapat permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan GoTo ini setelah melakukan merger, Kesulitan dalam integrasi seperti menggabungkan dua perusahaan yang memiliki budaya yang unik. Gojek memiliki budaya yaitu kegiatan harus dikerjakan dengan cepat, karyawan harus memiliki inovasi, komunikasi yang kredibel, serta membangun rasa bangga pada karyawannya untuk meningkatkan kinerja dan loyalitas karyawannya. Sementara tokopedia memiliki budaya yaitu tokopedia kerap memberikan kebebasan kepada karyawannya beberapa hal seperti berpakaian, pekerjaan, dan lain sebagainya sehingga menciptakan suasana yang nyaman untuk para karyawan. Maka dengan adanya merger GoTo ini kedua perusahaan tersebut harus mempertahankan dan menyatukan karyawan-karyawan yang sudah terbiasa dengan budaya dari masing-masing perusahaan. Seperti bagaimana caranya kegiatan harus dikerjakan secara cepat tetapi dalam suasana yang santai.

Meskipun kedua perusahaan adalah perusahaan teknologi besar, tapi tidak mengesampingkan sisi humanisnya. Justru mereka menyadari bahwa teknologi yang hebat tak akan ada artinya apa-apa jika tidak dijalankan oleh orang yang hebat pula. Secanggih apapun teknologi tidak akan memberikan dampak positif bila orang-orang yang menjalankan teknologi tersebut tidak saling bekerja sama mencapai satu tujuan bersama. Hal ini bukan berarti teknologi tidak penting, justru teknologi dan orang yang mengoperasikan teknologi harus benar-benar mau bekerja sama. Gojek sendiri sangat perhatian dengan orang-orang di dalamnya. Gojek menciptakan budaya kolaborasi antar fungsi, memberikan kesempatan untuk bertumbuh bagi karyawannya dengan memberikan subsidi beli buku, daftar gym membership, bahkan isi pulsa sekalipun. Kesehatan mental karyawannya pun tak luput dari perhatian Gojek. Gojek menyediakan layanan konseling gratis untuk karyawannya bahkan keluarganya pun juga. Tak tanggung untuk kesehatan pun orang tua karyawan Gojek diberikan asuransi kesehatan pula. Serupa dengan Tokopedia, Tokopedia pun perhatian dengan hubungan baik terhadap Nakama-nya.

Nakama adalah sebutan bagi karyawan yang bekerja di Tokopedia. Nakama sendiri memiliki DNA yang mendukung mereka bekerja untuk menciptakan layanan dan memberikan pengalaman terbaik untuk penggunanya. Adapun DNA yang dimiliki oleh Nakama adalah focus on customer, growth mindset, and make it happen, make it better. Nakama akan fokus untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumennya dan selalu siap berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Nakama akan selalu berani menerima tantangan dan menjadikan masalah sebagai peluang untuk menciptakan dan memulai hal-hal baru penuh inovasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun