Mohon tunggu...
Inovasi

Beberapa Kendala yang Terjadi dalam Media Sosial Marketing

1 April 2016   17:58 Diperbarui: 5 April 2016   13:40 1136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Beberapa Kendala yang Terjadi dalam Media Sosial Marketing"][/caption]

Pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media sosial bukan lagi menjadi hal yang aneh dan langka untuk saat ini. Hal ini karena media sosial dianggap sebagai salah satu media yang cukup efektif dalam meningkatkan brand awareness dan juga memimpin orang-orang yang berada di dalam bisnis yang sedang Anda jalankan. 

Dan apabila media sosial yang Anda kelola untuk bisnis ini benar-benar dijalankan dengan matang dan terorganisir, dengan mudah Anda akan mendapatkan suatu komunitas yang akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Meski begitu ada juga beberapa permasalah-permasalahan yang seringkali terjadi pada penerapan teknik media sosial marketing ini sendiri. Masalah-masalah ini sebaiknya anda ketahui sejak awal sehingga nantinya ketika hal tersebut muncul dalam perjalanan bisnis Anda, maka Anda siap untuk melakukan antisipasi.

Beberapa permasalahan yang seringkali muncul dalam pelaksanaan media sosial marketing diantaranya yaitu,

  1. Kegagalan dalam memahami media sosial
    Salah satu masalah yang seringkali muncul disebabkan karena adanya pemahaman yang salah ketika memulai strategi ini. Masalah ini menjadi besar ketika kesalahpahaman tersebut masih tetap tertanam, sehingga yang seringkali dilakukan adalah terus menerus melakukan promosi, yang pada akhirnya pesan yang Anda kirimkan ditandai sebagai spam. 
  2. Kurangnya pemahaman tentang media sosial marketing
    Karena kurangnya pelatihan-pelatihan yang dimiliki oleh para pelaku bisnis online (khususnya bagi yang sedang menerapkan media sosial marketing) membuat banyak pemilik bisnis hanya asal dan sembarangan melakukan promosi di media sosial. Padahal untuk memperoleh keberhasilan dalam strategi ini tetap saja dibutuhkan pengetahun khusus yang akan mengantarkan pelaku bisnis online untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang seringkali dilakukan.
  3. Lambatnya jaringan internet
    Media sosial yang membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya terkadang menjadi masalah tersendiri. Karena kenyataannya penyebaran internet yang cepat belum dapat menjangkau seluruh wilayah. Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar tentunya hal tersebut tidak akan begitu menjadi masalah. Lain halnya dengan orang-orang yang berada di wilayah-wilayah yang minim jaringan internet, sehingga pada akhirnya kendala jaringan internet ini menjadi masalah yang cukup serius dalam penerapan media sosial marketing.
  4. Tidak adanya orang yang mengelola media sosial
    Seringkali pekerjaan mengelola media sosial dianggap sepele sehingga akhirnya tidak ada orang yang khusus menganganinya. Jika masalah ini dibiarkan maka jangan heran jika pada akhirnya banyak hasil yang kurang optimal dalam menjalankan media sosial marketing. Terlebih lagi karena bisnis yang dijalankan masih kecil, membuat banyak orang tidak mampu membayar orang untuk mengelola media sosial yang digunakan untuk alat promosi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun