Mohon tunggu...
Arvina Sholawati
Arvina Sholawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I am a Curriculum and Educational Technology student, Semarang State University class of 2021. I have an interest in Graphic Design and Photography because graphic design and photography are fields that allow unlimited creativity. There are no set rules, and this gives me the freedom to experiment and create something unique. In addition to graphic design and photography, I am also interested in curriculum studies, as curriculum is my major field of study.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Inovatif! Mahasiswa KKN UNNES GIAT 9 Desa Jeblog Sukses Perkenalkan Teknologi Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran

21 Agustus 2024   19:45 Diperbarui: 21 Agustus 2024   19:55 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa UNNES Giat 9 Desa Jeblog Sulap Pelajaran Menjadi Lebih Menarik dengan Tekonolgi Augmented Reality. Senin (15/7/2024), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNNES Giat 9 Desa Jeblog kembali berinovasi dengan membawa angin segar bagi dunia pendidikan di wilayah tersebut. Tim KKN UNNES tersebut sukses memperkenalkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VII MTs Negeri 1 Fillal Jeblog.

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan gambar yang dibuat komputer dengan dunia nyata. Dengan AR, para siswa dapat "melihat" objek virtual seperti gambar menjadi seperti nyata atau berbentuk 3D melalui smartphone maupun tablet.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Pengenalan teknologi AR ini disambut antusias oleh para siswa. Mereka tampak penasaran dan bersemangat mencoba berbagai aplikasi AR yang diperkenalkan oleh tim KKN UNNES. "Senang sekali bisa belajar dengan cara yang baru dan lebih menarik. Teknologi AR ini membuat pelajaran terasa lebih nyata dan mudah dipahami," ujar salah satu siswa kelas VII.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja KKN UNNES Giat 9 Desa Jeblog yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Negeri 1 Fillal Jeblog. Tim KKN UNNES menyadari bahwa teknologi AR memiliki potensi besar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran yang terkadang dianggap kurang menarik.

"Teknologi AR dapat membuat pembelajaran lebih interaktif, menyenangkan, dan mudah dipahami. Kami ingin membantu para siswa untuk belajar dengan lebih efektif dan efisien," jelas Arvina, anggota tim KKN UNNES Giat 9 Desa Jeblog.

Pada kegiatan ini, tim KKN UNNES memperkenalkan contoh pemanfaatan AR dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yakni dalam game Pokemon Go. Selain itu, teknologi AR juga dapat dijumpai saat kita bermain sosial media seperti Instagram dengan fitur "Instagram filter" maupun saat kita berbelanja online, misalnya dengan "mencoba" baju secara virtual si aplikasi belanja online.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat positif bagi siswa dan guru di MTs Negeri 1 Fillal Jeblog. Kami juga berharap teknologi AR dapat diimplementasikan secara berkelanjutan di sekolah ini," tutup Arvina.

Keberhasilan KKN UNNES Giat 9 Desa Jeblog dalam memperkenalkan teknologi AR di MTs Negeri 1 Fillal Jeblog membuktikan bahwa mahasiswa KKN UNNES memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah. Mereka tidak hanya berbagi ilmu pengetahuan, tetapi juga menginspirasi para siswa dan guru untuk terus berinovasi dalam dunia pendidikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun