Mohon tunggu...
Arvel Naswan Hafizh
Arvel Naswan Hafizh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

mari berbicara melalui karya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jenis-jenis Iklan Mengembangkan Produksi Iklan dengan Berbagai Jenis Iklan

8 Juli 2024   08:21 Diperbarui: 8 Juli 2024   08:25 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama : Arvel Naswan Hafizh
NIM : 23010400163
Mahasiswa ILKOM FISIP UMJ
Mata Kuliah : Pengantar Advertising
Dosen Pengampu : Jamiati KN, S.I., M.Ikom

Bingung, bagaimana caranya agar bisnis yang kita jalani dapat berkembang pesat dan dikenal oleh khalayak ramai?. Iklan lah jawabannya
Sebelumnya, apa sih iklan itu?.
Iklan itu merupakan metode penyampain pesan untuk memperkenalkan suatu barang juga jasa, atau sebuah informasi yang mendorong dan membujuk audience agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat ditemukan dalam media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet
Itulah poin yang harus kita perhatikan, dalam memulai aktivitas berjualan barang atau jasa, karena dari situlah kita dapat melihat para responden menanggapi terkait apa yang kita sampaikan. kita harus membuat iklan semenarik mungkin dan juga berbeda dari pesaing kita.
Dalam hal ini Kita bisa menggunakan berbagai jenis iklan dalam memproduksi iklan sesuai dengan apa yang kita inginkan.


JENIS-JENIS IKLAN


Terdapat 3 jenis dalam iklan, yang masing-masingnya memiliki tujuan dan kegunaannya sendiri.
1. iklan komersil
Jenis iklan ini bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa Anda.
Jenis iklan dari commersil advertising terbagi menjadi dua:
A.Iklan strategis
Iklan strategis merupakan iklan promosi yang digunakan untuk membangun merek. Hal ini bertujuan untuk mengomunikasikan nilai merk dan manfaat dari produk yang diperdagangkan, jenis ini juga mengundang koonsumen untuk menikmati hubungan (engagement) dengan merek serta menyakinkan bahwa merek diciptakan untuk konsumen, dan perhatian utama dalam jangka panjang adalah memposisikan merek di benak konsumen

Contoh: Susu SGM Eksplore sudah sejak lama hadir untuk menemani tumbuh kembang anak indonesia

 
B.Iklan Taktis
Iklan taktis adalah iklan penawaran atau promosi dengan tujuan jangka pendek. Iklan ini bertujuan untuk mendorong konsumen agar segera melakukan menggunakan atau membeli produk dan jasa yang telah ditawarkan. Pada umumnya, iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek seperti diskon, cashback, potongan harga, keterbatasan ketersediaan, bonus, gratis ongkir, dan lain sebagainya, iklan taktis juga bisa terkait dengan occasion tertentu, dan iklan taktis ini hanya tayang pada periode atau jangka waktu tertentu

Contoh: promo gratis ongkir yang diberkan oleh Shoppe untuk semua penggunanya

2. Iklan Korporat
Iklan ini merupakan bentuk lain dari iklan strategis ketika sebuah perusahaan melakukan kampanye untuk mengkomunikasikan nilai-nilai korporatnya kepada publik
Iklan korporat bertujuan untuk memperkuat citra perusahaan kalian. Melibatkan berbagai instrumen strategi pemasaran, tujuannya adalah membantu menciptakan citra positif yang ditawarkan produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan kalian.
Iklan korporat sering kali berbicara tentang nilai-nilai warisan perusahaan, komitmen perusahaan kepada pengawasan mutu, peluncuran merek dagang atau logo perusahaan yang baru juga mengkomunikasikan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar.
Contoh: Iklan PT. KAI, dalam iklannya PT KAI menekankan kenyamanan, keamanan, dan kehandalan layanan kereta api mereka

3. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat sendiri adalah suatu iklan yang memberikan pesan sosial kepada masyarakat. Di dalam iklan masyarakat biasanya akan memberikan sebuah informasi kepada masyarakat luas terkait dengan kondisi yang sedang terjadi di kehidupan ini dan sekaligus bisa mengancam keselarasan serta kehidupan umum.
Iklan layanan masyarakat dapat berisi petunjuk yang ditujukan kepada masyarakat berupa perintah, larangan, himbauan, dan saran. Biasanya, iklan ini ditampilkan dengan gambar dan teks. Pengumuman publik juga dikenal sebagai Public Service Announcement (PSA).
Manfaat Iklan Layanan Masyarakat
Banyak sekali manfaat yang bisa diberikan dari iklan layanan masyarakat ini, sebagai berikut:
-Merubah Masyarakat
Iklan layanan masyarakat telah digunakan di beberapa negara untuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan kebiasaan masyarakat atau perubahan nilai.
-Mengusulkan solusi
Iklan layanan masyarakat juga dapat menggerakkan solidaritas masyarakat sebagai solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Masalah ini biasanya berkaitan dengan kehidupan masyarakat.
-Mengingatkan
Layaknya iklan komersial yang terus mengingatkan calon pembeli, iklan layanan masyarakat juga memiliki manfaat untuk mengingatkan pendengarnya. Tetap memberi tahu pendengar dan melacak proposal atau pesan layanan masyarakat dari waktu ke waktu.
Contoh: Iklan Masalah kebersihan lingkungan, dan Anti narkoba.

Jadi, itulah beberapa jenis-jenis iklan yang dapat kalian aplikasikan ketika ingin menjalani suatu usaha atau bisnis yang baru dimulai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun