Mohon tunggu...
Taufiq
Taufiq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN RM Said Surakarta. Founder enviropedia.

https://twitter.com/arundayataufiq

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Menjadikan UMKM Naik Kelas Melalui Transformasi Corporate Social Responsibility (CRS) PT Bank Rakyat Indonesia Persero) Tbk

21 Desember 2022   21:03 Diperbarui: 21 Desember 2022   21:13 483
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pandemi Covid 19 lalu telah menghancurkan banyak industri dan usaha pada semua level. Survei yang dilakukan Bank Indonesia menyebutkan 87,5 Persen UMKM Indonesia terdampak pandemi Covid-19 dari sisi laba, arus kas dan pendapatan.  Dari jumlah tersebut, 93,2 persen terdampak pada sisi penjualan (1).

Dampak terhadap UMKM tersebut sangat terasa bagi perekonomian nasional dikarenakan kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 60% dan menyerap tenaga kerja sebesar 97%. Artinya, lebih dari 97%  dari 144 juta tenaga kerja di Indonesia atau 140 juta bekerja pada sektor UMKM terdampak pandemi Covid 19. Jumlah yang sangat besar yang berdampak pula pada anggota keluarga.(2)

Empat Program BRI

Untuk membantu UMKM bisa survival dari gelombang covid tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan program mulai dari pendampingan, konsultasi bisnis, dan program corporate social responsibility (CSR), termasuk melaksanakan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) untuk merelaksasi kredit UMKM. Saya teringat, bahwa beberapa teman penulis yang usahanya (catering, jual ikan, bengkel) terpuruk akibat covid terbantu dengan relaksasi kredit ini.

Program yang telah dilakukan BRI untuk mendorong keberlanjutan UMKM pada pandemi covid19. Ada empat program yang dilaksanakan:

1. Pendampingan dan konsultasi bisnis dari 38 ribu tenaga pemasar (Relationship Manager, RM)  di seluruh Indonesia. RM berfungsi sebagai konsultan dan pendamping UMKM dalam restruksturisasi pinjaman sehingga bisa lancar.

2. Membantu penjualan produk UMKM melalui ekosistem yang telah terbentuk di Indonesia Mall. Perlu diketahui bahwa indonesia Mall adalah platform digital untuk memfasilitasi UMKM binaan BRI.Melalui platform digital ini maka produk UMKM dapat menjangkau pasar yang luas.

3. Pelatihan dan pendidikan online dilakukan Rumah Kreatif BUMN (RKB) melalui aplikasi UMKM smart. Sudah ada 19 pelatihan dilakukan secara online.

4. Program CSR melalui penyaluran dana  sebesar Rp 37,25 miliar. Contohnya program pembagian 50 ribu paket sembako melalui Agen BRILink.

 

  Lokasi BRI Kartasura Kabupaten Sukoharjo yang berada di pasar Kartasura, (Dok.Pri)
  Lokasi BRI Kartasura Kabupaten Sukoharjo yang berada di pasar Kartasura, (Dok.Pri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun