Mohon tunggu...
Aruna Pramadhani
Aruna Pramadhani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Ilmu Komunikasi

Hanya sekedar mahasiswa ilmu komunikasi di salah satu universitas ternama di Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dinamika Mata Kuliah PND

17 Desember 2020   01:50 Diperbarui: 17 Desember 2020   03:35 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama satu semester belajar mengenai mata kuliah Penulisan Naskah Digital (PND), saya dapat belajar banyak hal, mulai dari belajar mengenai dasar penulisan digital, perbedaan antara media digital dan analog, serta belajar mengenai apa itu SEO dan SEM.

Selain itu juga dalam mata kuliah PND saya jadi mengerti bagaimana tata cara menulis press release dan email marketing yang baik dan benar. Hal tersebut sangat baru buat saya, mengingat konsentrasi mata kuliah saya adalah komunikasi strategis.

Pada awalnya saya berpikir bahwa mata kuliah ini sepertinya sangat bertolak belakang dengan konsentrasi mata kuliah saya, namun setelah berjalan cukup panjang, saya berpikir mata kuliah ini bisa menjadi pelengkap, dimana saat ini zaman sudah berganti menjadi platform digital.

Media belajar saya dalam mata kuliah ini yaitu, disaat setiap minggunya dosen memberikan tugas yang berkaitan dengan materi-materi PND, yang kemudian ditulis dan diunggah ke kompasiana dan juga setiap melakukan pengunggahan di kompasiana tidak lupa melakukan tweet dengan hastag #PNDUAJY2020 dan mention ke @masboi.

Walaupun saya tidak mendapatkan jumlah pengunjung yang cukup banyak dan tidak menjadi yang terbaik di setiap bulannya, tetapi saya sangat puas dengan hasil kerja saya, karena hal ini sangat baru bagi saya.

Selain itu juga dengan cara menjadi pengoreksi dan sebagai editor tulisan teman, saya juga dapat belajar bagaimana tata cara penulisan yang baik dan benar, tidak hanya menjadi sebagai editor saja, saya juga dapat belajar dari kesalahan penulisan saya, setiap teman melakukan koreksi. Hal-hal tersebutlah yang menurut saya sangat bermanfaat dan berkesan selama satu semester saya mengambil mata kuliah PND.

Portofolio

Kompasiana: Aruna Pramadhani

Gaya Menulis di Era Milenial: Penulisan Naskah Digital

Media Digital Vs Media Analog

Kata Siapa Menulis Pada Media Digital itu Susah?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun