Kelompok 4
Isma masaid_34202200003
Diah Ayu Cahyaningsih_34202200008
Nailul Iszah_34202200018
Rahma Ayu Salsabila _34202200021
Syaffra Putri Tirzhani_34202200023
Arum Sekar Adyota_34202200032
Dosen Pengampu: Nila Ubaidah, S. Pd., M. Pd.
Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung.
     Pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup anak. Sebagai pendamping sang anak, orang tua harus memfasilitasi hal tersebut karena itu menjadi penentu kualitas diri sang anak. Dalam pertumbuhan, tentunya kita berbicara tentang pertumbuhan fisik dari anak. Sedangkan perkembangan anak meliputi mental dan psikologi. Untuk memfasilitasi perkembangan anak, khususnya pada anak yang telah memasuki usia yang sudah cukup untuk bersekolah, biasanya orang tua akan memasukkan anak pada Lembaga Pendidikan yang sesuai.
     Lembaga pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan moral anak. Di samping memberikan pendidikan akademik, lembaga pendidikan juga bertanggung jawab untuk membantu anak memperoleh nilai-nilai yang penting untuk kehidupan, seperti toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab. Oleh karena itu, menjadikan pendidikan moral sebagai bagian penting dalam kurikulum pendidikan sangatlah penting. Menurut Kohlberg, perkembangan moral dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu, prakonvensional, konvensional, dan pasca-konvensional.