Mohon tunggu...
Arum Butler
Arum Butler Mohon Tunggu... Administrasi - Just me.....

The Wallflower and The Wildflower Alumni Danone Blogger Academy Batch 1 Tahun 2017 www.arumsukapto.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Aplikasi KAI Access untuk Beli Tiket Mudik Lebaran

3 April 2016   15:49 Diperbarui: 4 April 2016   09:49 372
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Gambar dari situs resmi PT KAI"][/caption]Tahun ini rencana mudik lebaran menggunakan kereta api (seperti sebelumnya) dan kebetulan kereta api yang melalui kotaku (Blora) hanya  ada 1 kereta eksekutif melewati stasiun Cepu. Memang ini adalah cara terpraktis untuk mudik walaupun jarak Cepu-Blora sekitar 38 km. Kereta langka tersebut adalah Sembrani jurusan Gambir - Pasar Turi Surabaya jam keberangkatan 19.15 WIB dan tiba di Cepu sekitar jam 03.24 WIB. 

Mungkin untuk rute ke lainnya, teman-teman masih punya alternatif pilihan kereta untuk mudik lebaran. Tapi, karena kota saya sangat langka kereta untuk mudik jadi terasa sekali kesulitan yang saya alami ketika PT KAI memulai tanggal pemesanan (booking) dan biasanya terjadi H-90 dari tanggal mudik.

Lebaran tahun ini jatuh pada hari Rabu,6-7 Juli 2016 dan bisa kita rencanakan jadwal mudik ke kampung halaman. Saya sudah mulai mencari tiket kereta untuk tanggal 1 Juli 2016 yang kebetulan banget saya lupa waktunya booking tgl. 2 April 2016.  Kemudian saya mulai pasang weker untuk mengingat waktunya booking pagi harinya. Calon penumpang memang baru bisa memesan pas setiap pukul 00.00WIB H-90.

Semalam saya akhirnya memutuskan untuk tidak tidur dan mulai menunggu jam 00.00 WIB ketika PT KAI mulai membuka akses untuk pemesanan tiket yang bisa dilakukan melalui situs resmi PT KAI, Telepon 021-121 atau KAI Access. 

Jam 23.30 WIB saya sengaja menelpon ke KAI tersebut, line masih normal dan bisa bicara dengan costumer care KAI dan sempat dijelaskan bahwa pemesanan untuk tanggal 2 Juli 2016 bisa dilakukan pada tanggal 3 April 2016 pukul 00.00 WIB. Jadi CS KAI tidak bisa membantu membuat pemesanan tiket calon sebelum jam 00.00 WIB dan dimohon menelpon kembali atau membuat pemesanan tiket via website KAI  dan KAI Access sekitar jam 00.00 WIB.

Jam 23.55WIB saya mulai menelpon KAI dan cek website KAI tapi yang terjadi adalah website server busy dan line not available.

[caption caption="CS KAI tidak bisa dihubungi"]

[/caption]

[caption caption="Situs resmi KAI server busy walaupun sudah ada tambahan 3 line pemesanan"]

[/caption]Saya lakukan telepon bisa lebih 50 kali sampai jam 01.00WIB dan refresh/klik ulang link situs resmi KAI dan hasilnya benar-benar agak hopeless. Saya putuskan untuk tidur karena besok paginya akan ada acara Kompasiana. Ternyata, ketika tidurpun masih terbawa mimpi dan akhirnya terbangun jam 03.00 WIB dan teringat CS KAI sempat menginfokan tentang KAI Access. Berhubung saya belum punya KAI Access, mulai melakukan install aplikasi KAI Access tersebut.

[caption caption="Halaman Depan Aplikasi KAI Access"]

[/caption]Memulai isi tanggal dan tujuan pemesanan kereta

[caption caption="Isi lengkap tujuan dan tanggal kereta"]

[/caption]Berhubung saya buru-buru melakukan pemesanan, jadi tidak sempat screenshot layar handphone dan di bawah terlampir contoh hasil pencarian jadwal dan ketersediaan kursi untuk jurusan kota lain.

[caption caption="Contoh hasil pencarian kereta lengkap tanggal, jam dan ketersediaan kursi"]

[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun