Mohon tunggu...
Riska Mudrika
Riska Mudrika Mohon Tunggu... profesional -

Saya seorang penulis asal atau lepas dan tidak terikat. Yang penting nulis hidup menulis

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Panduan Membuat Toko Online

11 November 2013   16:32 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:18 832
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Halo jumpa lagi, lama banget tidak menulis di kompasiana, maklumlah ibu rumah tangga jadi kebanyakan urusan. Oke..Kali ini saya mencoba menampilkan sekelumit panduan membuat toko online secara mudah. Sebelum kita mengetahui lebih jauh bagaimana cara membuat toko online ada baiknya kita memahami dulu apa itu toko online.

Toko online merupakan celah pemasaran baru bagi para pedagang di negeri ini dan terbukti dapat mempercepat proses pemasaran serta meningkatkan penjualan. Toko online sendiri adalah sebuah website yang dibangun dengan konsep dinamis. Dimana para calon pembeli dapat melihat berbagai informasi detil sebuah produk yang ditawarkan secara mudah.

Dalam tulisan kali ini saya tidak membahas apa dan bagaimana manfaat sebuah toko online, karena saya rasa para pembaca sudah banyak mengetahui kelebihan pola pemasaran dengan metode menggunakan toko online.

Apa saja yang harus di siapkan untuk membuat toko online dan berapa budget yang dibutuhkan, mari kita lihat di bawah ini.

1. Nama Domain

Nama Domain adalah alamat dari toko online anda dan akan tampak seperti ini namatokoanda.com. Nama domain memiliki banyak akhiran selain dari com. ada akhiran net, org, info, co.id, web.id dan lain-lain. Untuk mendapatkan nama domain anda harus mendaftar pada penyedia penyewaan nama domain dengan budget sekitar 80 ribu hingga 150 ribu pertahun tergantung akhiran domain yang anda pilih.

2. Hosting

Hosting adalah tempat dimana anda menempatkan semua files website toko online anda, mulai dari template hingga gambar produk serta database produk toko anda. Hosting dapat anda peroleh secara gratis ataupun berbayar. Jika anda memutuskan untuk membeli anda harus mengeluarkan budget sekitar 30 ribu hingga 100 ribu perbulan untuk hosting berbayar dengan spesifikasi standart.

3. Template atau Themes Toko Online

Template atau themes adalah sebuah kerangka utuh toko online anda yang membentuk berbagai elemen website toko online anda, seperti tampilan homepage toko online, tampilan produk detil, hingga menu administrator tempat anda mengatur dan memasukan data-data toko anda serta data-data produk anda. Untuk template profesional sebuah toko online berbayar anda harus menyediakan budget sekitar 250 ribu hingga 500 ribu per lisensi.

Secara garis besar tiga hal diatas harus terpenuhi untuk mewujudkan toko online anda. Jika kita melihat budget yang disebutkan diatas, maka dapat kita simpulkan paling tidak anda harus menyediakan dana sekitar 1 juta hingga 1.5 juta pertahun untuk mendapatkan sebuah toko online profesional.

Melihat dari tingginya modal untuk membangun sebuah toko online, hal inilah yang membuat beberapa pemula terhambat untuk memulai sebuah toko online. Namun penulis berusaha mencari berbagai sumber bagaimana cara membuat toko online dengan biaya paling murah dan mudah. Dan Alhamdulillah penulis mendapatkan sumber yang cukup menarik, dimana anda dapat mewujudkan sebuah toko online hanya dengan modal dibawah 30 ribu rupiah perbulan. Jika anda tertarik anda bisa melihatnya di link toko online murah.

Lantas bagaimana langkah selanjutnya setelah anda memiliki toko online, pada prinsipnya toko online tidak jauh berbeda dengan toko di dunia OFFLINE, dimana tampilan sebuah toko, pelayanan, hingga kualitas produk yang ditawarkan merupakan point penting agar sebuah toko online dapat maju. Untuk hal itu ada baiknya perhatikan point-point dibawah ini.


  • Tampilan toko online harus profesional dan menarik sehingga pembeli menjadi serius ketika memutuskan bertransaksi di toko online anda.
  • Permudah semua navigasi toko online agar pengunjung dapat dengan mudah menelusuri toko online anda.
  • Pasang informasi yang dapat dihubungi secara akurat dan lengkap, seperti no telp, ym, wechat atau pin BB
  • Gunakan warna yang lembut untuk website toko online anda, warna yang mencolok mata membuat pengunjung toko online anda menjadi tidak betah dan meninggalkan toko anda
  • Jawab semua pertanyaan pelanggan dan pengunjung dengan ramah walaupun mereka belum tentu beli. Anda akan mendapatkan efek viral yang dasyat ketika memberikan kesan terbaik kepada semua pengunjung toko online anda.


Setelah anda memahami kriteria toko online yang saya sebutkan diatas, anda harus masuk kedalam level selanjutnya yaitu bagaimana cara mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin toko online anda, dengan asumsi semakin banyak pengunjung maka peluang untuk mendapatkan banyak transaksi akan menjadi semakin besar. Ada banyak metode dalam mendatangkan pengunjung ke toko online, saya akan membahasnya di tulisan mendatang.

Kesimpulannya, anggapan tentang membuat toko online harus memiliki dana yang besar tidak sepenuhnya benar, Internet menyediakan banyak sumber referensi yang dapat dimanfaatkan untuk menekan biaya membuat toko online hingga ke angka terendah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun