Mohon tunggu...
Artie Ahmad
Artie Ahmad Mohon Tunggu... Karyawati Swasta -

Saya lahir dan besar di Salatiga.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kebaikan Kecil di Toko Buku

22 September 2015   07:38 Diperbarui: 22 September 2015   07:38 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

#KebaikanKecilDiTobuk

Ada hal yang sedikit menyentil hati saya ketika berkunjung ke toko buku. Sebagai seseorang yang sedang merintis menjadi penulis, tentu hal yang kelihatan kecil ini menjadi perhatian saya. Melihat beberapa novel teman (bahkan novel saya sendiri) tertutup novel-novel lain. 

Seperti hal yang saya alami beberapa waktu lalu saat ke toko buku. Dari hasil cek di list komputer, novel saya masih 10 eks, tapi setelah saya cari di rak ternyata tidak ketemu. Dengan dibantu dua karyawan toko buku, akhirnya novel saya ketemu, di rak yang sesuai dengan nomor rak di list komputer. Namun waktu mencarinya cukup lama, dikarenakan apa? Novel saya tertutupi novel lain dari penulis lain.

Merugikan? Tentu saja. Novel yang sudah cukup strategis di rak, harusnya mudah dilihat calon pembeli, tertutupi novel lain. 

Mengingat sulitnya membawa sebuah naskah hingga menjadi buku, lalu masuk ke toko buku dan mejeng di rak, saya sedikit prihatin dengan hal yang kelihatan sepele ini.

Entah sejak kapan, saya lupa... Ketika datang ke toko buku, dan melihat ada novel yang tertutupi novel lain, biasanya saya akan mengembalikan novel tersebut di bagian novel yang semestinya agar tidak menutupi novel lain. Entah, menurut saya pribadi, itu sedikit membantu penulis novel tersebut.

Hal sepele memang, memindahkan novel A yang menutupi novel X ke tempat yang seharusnya (biasanya masih satu rak ya, yang mengalami hal ini). Tapi ini perlu dilakukan. Atau kesadaran kita sebagai pengunjung toko buku, ketika tidak jadi membeli atau hanya membaca blurb sebuah novel, ketika mengembalikannya ya seharusnya di tempat semula, tidak asal taruh saja. Satu hal kecil lagi yang membantu karyawan toko buku kan 😃

Letakkan novel ketika tak jadi membeli di tempat yang semestinya. Tidak asal taruh. Tentu tak akan mengurangi manfaat kita berkunjung bahkan berbelanja ke toko buku.

Bantulah teman-teman penulis kita dengan kebaikan kecil ini. Tentu hal ini akan sangat berguna dan bermanfaat untuk kami para penulis. 

Mungkin hal itu terlihat sepele dan hal kecil yang dapat dilakukan kita sebagai pengunjung toko buku. 

Tapi saya sendiri yakin, sekecil apapun hal baik yang kita lakukan, pasti ada gunanya kan ☺

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun