Mohon tunggu...
artamevia noverika
artamevia noverika Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

menyukai konten yang berhubungan dengan games, destinasi wisata, kuliner, kpop

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menyelami Dunia Layanan PDAM: Pengalaman Magang di Kota Solo

14 Januari 2024   12:49 Diperbarui: 14 Januari 2024   12:55 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menjelajah dunia luar kampus tidaklah masalah. Banyak hal yang belum mahasiswa coba terjun lapangan untuk mendapatkan pengalaman baru, seperti kegiatan magang. Magang merupakan suatu program kampus yang mana mewajibkan mahasiswa/i untuk belajar sekaligus berlatih kerja di perusahaan.

Universitas Slamet Riyadi Surakarta mewajibkan program magang yang di ikuti oleh seluruh mahasiswa/i semester 7. Pada program studi ilmu komunikasi, mahasiswa/i diberi kebebasan untuk memilih tempat magang yang sesuai dengan minatnya. Saya, Artamevia Noverika salah satu mahasiswi Universitas Slamet Riyadi Surakarta memilih tempat magang di PDAM Surakarta pada bidang layanan pelanggan.

Magang di PDAM Surakarta dimulai tanggal 3 Oktober 2023 dan berakhir 31 November 2023. Selama kegiatan magang berlangsung, saya mendapatkan banyak pengalaman terutama. Di bidang layanan pelanggan (customer service) menurut saya banyak berinteraksi dengan pelanggan, tentunya dengan karakter yang berbeda-beda. Pada bidang ini saya belajar menggunakan aplikasi yang khusus untuk mendata segala kebutuhan pelanggan mulai dari pendaftaran pelanggan baru sampai dengan keluhan pelanggan.

Dalam proses menyelesaikan tugas  dan menjalankan proses magang saya, saya belajar untuk bersikap sabar, teliti dan tanggap terhadap pelanggan PDAM Surakarta, saya juga belajar untuk mengelola waktu dengan efektif. Selain itu saya juga belajar tentang etika kerja dan cara berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan dan semua staff PDAM Surakarta.

Pengalaman ini telah memberikan saya pembelajaran dan pemahaman tentang dunia layanan pelanggan (customer service). Selain itu juga saya jadi  percaya diri dalam kemampuan saya untuk bekerja melayani pelanggan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun