Genshin Impact adalah permainan video daring dengan genre dunia terbuka, permainan peran, dan aksi. Seperti gim lainnya, Genshin Impact tentunya tidak terlepas dari pemrograman dengan berbagai operasi matematika. Matematika digunakan oleh pengembang untuk menghitung banyak aspek dalam gim ini, misalnya kesempatan memperoleh item secara acak, peningkatan atribut karakter saat meningkatkan levelnya, hingga kerusakan yang diterima maupun disebabkan oleh suatu karakter.
Bagi sebagian besar pemain Genshin Impact, analisis matematika tidak terlalu diperlukan dalam memainkan gim ini, tetapi tidak bagi beberapa pemain. Dengan matematika, pemain dapat menganalisis mekanisme permainan sehingga ditemukan strategi dan taktik yang lebih optimal dalam memainkan gim ini. Proses analisis tersebut biasa disebut theorycrafting.
Dalam gim ini, theorycrafting sangat membantu dalam menghitung kerusakan yang diterima maupun disebabkan oleh suatu karakter berdasarkan atribut-atribut yang dimiliknya. Dengan hal tersebut, pemain juga dapat memperkirakan potensi maksimal suatu karakter, menentukan atribut yang masih perlu ditingkatkan, menentukan karakter-karakter yang dapat bersinergi sebagai tim, hingga membandingkan potensi setiap karakter untuk menentukan strategi yang paling optimal dalam menyelesaikan tantangan dalam gim ini.
Kerusakan (DMG) yang disebabkan oleh suatu karakter dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti atribut dasar karakter, senjata dan artefak yang dikenakan karakter, talenta karakter, dan reaksi elemen yang disebabkan oleh serangan tersebut. Selain faktor-faktor tersebut, juga terdapat faktor lain yang tidak disebutkan secara eksplisit dalam gim, seperti ketahanan dan resistensi musuh, serta diminishing returns. Namun, pemain tetap dapat memprediksi kerusakan dengan faktor-faktor yang diketahui, yang hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan kenyataannya.
Atribut Karakter
Karakter dalam gim ini memiliki atributnya masing-masing yang berbeda satu sama lain. Atribut yang dimiliki suatu karakter terdiri dari Health (HP), Attack (ATK), Defense (DEF), Elemental Mastery (EM), Stamina, Critical Rate (CRIT Rate), Critical Damage (CRIT DMG), Healing Bonus, Incoming Healing Bonus, Energy Recharge, Damage Bonus (DMG Bonus), Resistance (RES), dan beberapa atribut tersebunyi lainnya. Atribut setiap karakter dapat ditingkatkan melalui peningkatan level, penggunaan senjata dan artefak, bahkan dukungan dari talenta sendiri maupun karakter lain.
DMG Dasar
DMG dasar yang disebabkan suatu karakter dihitung berdasarkan perkalian antara pengali talenta karakter tersebut dengan satu atau lebih atribut tertentu yang dimiliki karakter tersebut. Sebagian besar karakter mengakibatkan DMG menggunakan atribut ATK, tetapi banyak juga karakter yang menggunakan atribut lain, seperti HP, DEF, dan EM. Rumus DMG dasar yang dihasilkan karakter adalah sebagai berikut.
Pengali DMG Dasar
Pengali DMG dasar adalah atribut yang melipatgandakan DMG dasar dengan skala tertentu. Saat ini, atribut ini merupakan atribut yang langka karena hanya dimiliki oleh karakter-karakter tertentu.
Bonus DMG Dasar Tambahan
Bonus DMG dasar tambahan adalah DMG dengan jumlah tetap yang akan ditambahkan secara langsung pada DMG dasar yang dihasilkan suatu karakter. Atribut ini dapat didapatkan melalui reaksi elemen, artefak, juga talenta karakter tertentu.
DMG Bonus
DMG Bonus adalah atribut yang meningkatkan DMG sebesar persentase tertentu. Beberapa karakter memiliki atribut ini dari awal, tetapi atribut ini juga bisa didapatkan dari sumber lain, misalnya senjata dan artefak.