Mohon tunggu...
Muhammad Armand
Muhammad Armand Mohon Tunggu... Dosen - Universitas Sultan Hasanuddin

Penyuka Puisi-Kompasianer of The Year 2015

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jangan Percaya Kurikulum

7 Desember 2014   17:15 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:51 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14195542231583435252

[caption id="attachment_386041" align="aligncenter" width="300" caption="www.psychologymania.com"][/caption]

Untuk para orangtua murid, jangan kelewat memercayakan anak-anak kita kepada kurikulum buatan pemerintah, jangan bebani pemerintah, jangan pula bebani guru-guru. Mereka hanyalah menjalankan tupoksi sesuai aturan-aturan yang digariskan pada mereka. Mereka itu tak memahami anak-anak kita, kitalah sebagai orangtua yang jauh lebih paham siapa anak-anak kita, karena kitalah yang melahirkan anak-anak itu.

Kasihan para guru jika mereka diharapkan lebih dari apa yang kita inginkan, mereka juga punya anak-anak, punya masalah, punya aktifitas, punya kehidupan.

Jangan titip anak-anak kita secara bulat-bulat. Karena kalau ada apa-apa dengan anak-anak kita, toh orang yang pertama ditanya adalah kita sebagai orangtuanya. Kenapa kita tak mencoba melihat sendiri perkembangan anak-anak kita, kenapa tak mencoba jadi guru untuk anak-anak kita di rumah. Apa hal baru bila saya tawarkan agar banyak interaksilah dengan anak-anak di rumah, menyelami tingkahnya seteliti mungkin. Bila mereka suka coret-coret dinding, emang kenapakah? Bukankah itu perlambang bahwa setiap tamu yang datang diberi simbol bahwa di rumah ini ada anak-anak.

Mendefenisikan Kembali Perhatian

Bukankah suatu kemajuan bila kata perhatian itu tak sebatas antar-jemput anak-anak dari dan ke sekolah? Karena soal antar-jemput anak-anak itu sudah perilaku umum, tiada yang istimewa. Tetapi bertanya kepada anak: "Kamu sehat Nak? Apa ndak ada keluhan di kepala, perut atau tenggorokan?". Ataukah bertanya: "Kamu tidak ada masalah di sekolah Nak?". Rasa-rasanya pertanyaan ini yang kerap penulis lontarkan kepada anak-anakku ini, memiliki daya gedor perhatian yang lebih. Betapa kita mencoba menanamkan sebuah edukasi bahwa kesehatan fisik dan jiwa itu, penting sekali.

Menjadi orangtua itu tak sulit, pun tak mudah. Yang dibutuhkan bukan hanya kepintaran mendidik anak tapi butuh seni mendidik, ada ritme yang wajib diselenggarakan di sana. Sentuhan-sentuhan psikologik bagaimanapun ringannya, amatlah bernilai buat anak-anak. Anak-anak itu hanya butuh kebersamaan, apapun adanya.

Kita ini orangtua susah dan suka mengeluh karena pengen melihat hasil seketika, pengen bypass, sedang pertumbuhan mental itu adalah sangat lambat. Kita mestinya bersyukur karena laju pertumbuhan itu alamiah. Di sinilah kita masuki mereka.

Persoalan anak-anak kita itu hanya ada tiga: Soal belajar, soal kenakalan dan soal susah diatur. Dibolak-balik bagaimanapun, ini soal abadi anak-anak.

Perkara susah diatur, itu memang karakter asli anak-anak. Tidak ada yang salah! Malah penulis heran bila ada anak gampang banget diatur, asal nrimo. Fase anak-anak memang fase egositas, fase penolakan. Dan, kurang edukatifnya bila penolakan itu kita ubah dengan menjanjikan belikan ini, belikan itu. Ini cikal bakal lahirnya mental anak-anak yang belajar disogok.

Kenapa fase-fase penolakan itu tidak dikuatkan, disalurkan keinginan hati dan pikiran anak-anak itukah? Karena menghambatnya malah makin menguatkan penolakan itu, itu adalah bom waktu yang terendap di alam bawah sadarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun