Mohon tunggu...
Arso Sularso
Arso Sularso Mohon Tunggu... -

Simple

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

PT KAI Commuter JABODETABEK Payah!

11 Februari 2014   14:05 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:56 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Terpaksa saya menulis surat pembaca ini karena saya sudah capek sebagai pelanggan baru Commuterline. Hari ini keterlaluan, perjalanan saya terhambat tanpa ada pemberitahuan sama sekali. Berjejal dalam ratusan manusia di gerbong itu membuat keringat bercucuran dan absen kerja pun terlambat.

Saya baru menikmati Commuter Line ini baru 7 hari, tapi pelayanannya sangat mengecewakan. Dari 7 hari tersebut 4 hari di antaranya perjalanan saya sangat idak nyaman. Awalnya saya berharap perjalanan saya ke kantor baru di Jakarta Tambora bias lancar dengan moda transportasi ini. Namun apa daya ternyata PT KAI Commuter JABODETABEK belum bisa memberikan pelayanan yang maksimal.

Gangguan yang saya alami antara lain:

1.Perjalanan hari pertama saya tanggal 3 Februari 2013 terhambat karena Comline jurusan Depok-Jakarta tertahan selama 5 jam di Stasiun Pasar Minggu selama 5 jam. Diberitahukan oleh petugas bahwa terjadi gangguan sinyal.

2.Perjalanan hari ketiga tanggal 5 Februari 2013, kereta saya tertahan di Mangga Besar karena gangguan sinyal lagi. Waktu itu saya bisa maklum karena daerah Jakarta Kota dan sekitarnya terendam banjir yang cukup besar.

3.Perjalanan kemarin 10 Februari 2013, perjalanan pulang saya terhambat karena gangguan wesel di jalur 10 (jurusan Jakarta Kota-Bogor). Kemudian tersedia kereta yang sama di jalur 11. Kami yang di jalur 10 berharap gangguan bisa diatasi dan dapat segera berangkat. Namun tanpa ada pemberitahuan sama sekali kereta Bogor di Jalur 11 diberangkatkan terlebih dahulu. Hal ini membuat  saya sangat kecewa karena petugas tidak menyuruh penumpang di jalur 11 untuk segera pindah. Baru 10 menit kemudian ketika dating lagi kereta Bogor yang lain di jalur 11 kami diminta pindah ke jalur 11 tersebut. Sangat disayangkan kenapa tidak dari awal diberitahukan bahwa gangguan masih lama dan dimohon pindah ke jalur 11.

4.Terakhir hari ini 11 Februari 2013, perjalanan saya terhambat karena ada gangguan di stasiun Gambir. Entah gangguan apa petugas sama sekali tidak mengumumkan dan tidak meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

Selain gangguan di atas, yang sering terjadi adalah tumpukan antrian di Stasiun gambir sehingga perjalanan Comline harus terhambat oleh kereta jarak jauh. Seharusnya rel Comline dan KA  jarak jauh dibedakan agar perjalanan lancer mengingat perjalanan pulang sangat dinantikan penumpang lebih cepat sampai untuk bertemu dengan keluarga. Antrean ini sangat disayangkan karena bisa memakan waktu 20 menit.

Mohon pihak yang bertanggung jawab,dalam hal ini PT KA Commuter JABODETABEK segera membenahi pelayanan yang buruk ini. Transportasi masal seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat dan tentunya jika sudah nyaman masyarakat akan pindah ke moda transportasi ini sehingga bisa mengurangi kemacetan di Jakarta.

Terima Kasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun