Mohon tunggu...
Arsi Astri
Arsi Astri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sekolah Vokasi IPB University - Mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University

Saya adalah mahasiswa aktif di Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University. Saya memiliki ketertarikan dibidang bisnis dan sosial.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dampak Konten "A Day in My Life" Terhadap Branding dan Penjualan

27 September 2024   18:12 Diperbarui: 27 September 2024   18:21 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

TikTok telah menjadi salah satu media sosial, terutama dalam hal konsumsik onten video. Aplikasi ini telah menjadi platform utama bagi generasi muda untuk mengekspresikan kreativitas, berbagi momen sehari-hari, dan mengikuti tren terbaru. Salah satu tren yang paling banyak diikuti adalah sebuah video pendek "A Day in My Life" yang memungkinkan pengguna memberikan gambaran tentang kehidupan mereka.

Popularitas TikTok telah mendorong perubahan signifikan dalam strategi pemasaran. Merek merek kini berlomba-lomba bagaimana caranya bisa memanfaatkan platform ini untuk menjangkau audiens yang lebih luas, terutama generasi muda. Salah satu nya yang semakin populer yaitu kolaborasi dengan influencer yang penciptaan konten "A Day in My Life" yang disisipi promosi produk secara natural.

Video "A Day in My Life" telah menjadi alat yang efektif dalam pemasaran karena konten video yang memungkinkan merek untuk membangun hubungan yang lebih personal dengan konsumen yang menunjukkan bagaimana produk yang digunakan dapat menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Seperti yang kita ketahui dengan menggunakan influencer dapat membantu para audiens yang melihat akan tertarik, dengan video yang menarik dan kreatif dapat dengan mudah menjadi viral, sehingga meningkatkan visibilitas merek secara signifikan.

Seperti yang tahu kini TikTok telah menjadi platform yang sangat populer untuk pemasaran digital, dan mengikuti tren dan perkembangan platform ini sangat penting untuk kesuksesan pemasaran.

Seiring dengan Perkembangan Tren TikTok khususnya dalam pemasara, tren TikTok marketing pun terus bertransformasi dengan pesat. Kolaborasi dengan orang yang mempunyai kemampuan dibidang tertentu yang memiliki pengaruh yang cukup besar.

 Perkembangan pesat TikTok seperti tren terbaru seperti kolaborasi dengan komunitas atau dengan contenct creator, menggunakan musik populer, menggunakan hashtag, memanfaatkan fitur live TiktTok untuk promosi, pasang iklan di TikTok Ads agar dapat mengoptimalkan penyebaran TikTok, serta kreativitas melalui tantangan yang telah mengubah cara merek berinteraksi dengan konsumen. Kemampuan untuk mengikuti dan memanfaatkan tren-tren ini menjadi kunci keberhasilan pemasaran.

Konten "A Day in My Life" yang disertai dengan sisipan promosi atau endorse dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap para audiens, terutama dalam hal meningkatkan engagement, membangun kepercayaan, dan mendorong pembelian.

Konten "A Day in My Life" menawarkan keaslian dan cerita yang kuat. Seperti yang kita tahu para pengguna TikTok dapat melihat bagaimana seorang influencer atau brand melakukan aktivitas sehari-harinya, dalam membuat konten ini lebih terkesan nyata tidak dibuat-buat dan menjadi lebih menarik. Biasanya mereka sering memperhatikan produk yang sedang digunakan, menceritakan keunggulan produk yang sedang digunakannya.

Konten Video dengan sisipan promosi suatu produk dapat terlihat alami dan tidak mencolo karena biasanya orang tersebut membagikan pengalamannya saat menggunakan produk yang sedang di promosikan. Dengan adanya Konten ini memungkinkan personal branding yang kuat. Karena dengan menampilkan aspek pribadi dari seorang influencer atau brand. Kita sebagai audiens dapat merasa lebih dekat dan terhubung dengan merek tersebut.

Biasanya seorang influencer selalu konsisten dalam mempromosikan sebuah produknya. Biasanya para influencer sering menanggapi beberapa komentar, membagikan pengalamannya setelah menggunakan produk yang sedang diiklankannya. Tidak hanya tentang mempromosikan sebuah produk nya, tetapi juga membangun hubungan dengan para audiens. Maka para audiens dapat merasakan keaslian dan kejujuran dari merek atau produk yang diperkenalkan. Hal ini meningkatkan relatabilitas dan membuat audiens lebih cenderung untuk membeli produk.

Seperti yang kita tahu konten menarik dapat menimbulkan berbagai macam komentar, share dan like. Biasanya seorang konten kreator sering bertanya kepada para pengikutnya, untuk membuat suatu konten seperti apa, dan biasanya seorang konten kreator juga membuat video yang menarik para penonton agar meningkatkan engagement. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun