Perkembangan penggunaan internet masyarakat dunia saat ini semakin pesat. Terlebih penggunaan tersebut lebih cenderung digunakan oleh masyarkat untuk sekedar mencari informasi-informasi ringan hingga informasi yang sangat berat.
Selain penggunaan internet untuk sebagai penjelajahan informasi, internet pun sudah merambah penggunaannya sebagai media yang digunakan dalam bidang niaga, sehingga semakin hari pengguna internet baik melalui desktopmaupun melalui smartphonesemakin tinggi. Pada awal era 90an, dikenal sebagai WEB berbasis 1.0 atau website dengan generasi ke satu. Penggunaan internet pada masa itu masih terhitung sangat jarang, karena akses yang diperlukan untuk membangun jaringan internet di suatu wilayah cukup memakan biaya besar.
WEB 1.0 merupakan generasi website yang menitik beratkan hanya pada pemberian informasi secara one-wayatau hanya satu arah. User hanya dapat menerima informasi-informasi yang disediakan oleh penyedia informasi. Dalam hal ini, bila dikaitkan dengan ilmu komunikasi one-way communicationdapat saja terjadi apabila seorang komunikator yang melulu memberikan informasi, sedangkan komunikan hanya menerima informasi tanpa bisa memberi tanggapan, masukan atau sanggahan.
Seorang Public Relation atau humas pada masa itu hanya menggunakan fasilitas dari WEB 1.0 sebagai sarana untuk menyebarkan informasi saja, tanpa bisa menerima umpan balik atau feedbackdari penerima informasi. Akibat dari sifatnya yang pasif itu, seringkali seorang PR harus terus-menerus memberikan informasi yang bisa jadi isi dari konten yang diinformasikan sama-sama saja.
Sebelum mengenal jaringan internet, seorang praktisi PR atau Humas hanya terpaut pada pekerjaan untuk mencari artikel-artikel yang terkait pada bidangnya, untuk kemudian dilakukan kegiatan mengkliping, karena pada saat itu kegiatan itu masih populer.
Apabila dispesifikan lebih dalam lagi, web 1.0 memiliki ciri yang sangat kentara yakni:
1. Merupakan laman web yang statis dan hanya dapat memberikan informasi saja atau menampilkan informasi saja;
2. Halaman dibuat oleh HTML murni yang memungkinkan proses interaksi dengan user sangat minim sekali;
3. Biasanya hanya memiliki bagian buku tamu saja tanpa adanya tujuan untuk membangun komunikasi intens dengan user yang menggunakan informasi tersebut;
4. Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui email, sehingga proses komunikasi sangat jelas terjadi hanya satu arah saja.
Bila dilihat dari poin-poin yang telah dipaparkan, sepertinya sudah nampak bagaimana karakteristik WEB 1.0 dan kegiatan seorang PR atau Humas dalam melakukan profesinya ketika menggunakan fasilitas WEB 1.0 tersebut.