Pekerjaan Rumah (PR) entah sejak kapan ada di dunia pendidikan. Dunia anak yang mengedepankan pendidikan dan pengajaran dalam tuntunan guru untuk bekal masa depan yang lebih baik.
Keterbatasan waktu menjadi alasan bagi guru untuk memberikan PR. Apalagi di masa pandemi, Belajar dari Rumah (BDR) seakan identik dengan pekerjaan rumah. Pekerjaan yang menyita waktu orang tua untuk mendampingi anak-anaknya belajar, khususnya di Sekolah Dasar (SD) Kelas 1-4.
Lantas, apakah pemberian PR membebani anak dan orang tua? Tentu jawabannya sangat beragam. Mengingat PR yang diberikan guru juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari layanan pendidikan yang didasari keterbatasan alokasi waktu. Termasuk tuntutan ketuntasan belajar anak di sekolah berdasarkan model mastery learning.
Pekerjaan rumah yang diberikan guru kepada anak akan menjadi beban jika guru kurang memperhatikan perbedaan kebutuhan siswa. Bahkan guru cenderung memberikan PR yang membebani dan menyita waktu anak di rumah seperti menyalin isi buku beberapa halaman, mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berupa 10 soal uraian atau bentuk PR lainnya yang memberatkan anak.
Lantas, adakah pekerjaan rumah (PR) yang menyenangkan anak? Tentu ada dan sangat bergantung pada cara guru mendesain PR sesuai dengan jenjang kelas dan kebutuhan anak.Â
Terpenting, PR jangan sampai membebani anak dan orang tua. Merampas waktu kebersamaan anak dengan keluarga, merenggut jatah waktu bermain anak di rumah dan lingkungannya sebagai media sosialisasi.
Berikut 3 Cara Memberikan PR yang Menyenangkan Anak:
Pertama, desain PR sesuai usia dan atau jenjang kelas anak. Langkah awal mendesain PR sesuai usia dan atau jenjang kelas anak menuntut guru untuk memahami minat anak kelas rendah di Sekolah Dasar (SD) maupun jenjang lainnya.
Anak jenjang SD Kelas 1-4 tentu memiliki kebutuhan belajar yang berbeda dengan anak usia SMP dan SMA. Guru bisa memberikan PR dalam bentuk menggambar sederhana, menyanyikan lagu anak yang pendek naskah lagunya, atau dalam bentuk lain yang menyenangkan anak.
Untuk anak jenjang SMP dan SMA bisa dengan proyek sederhana semisal kunjungan ke UMKM di sekitar lingkungan sesuai rubrik proyek yang dipersyaratkan. Membuat video pendek tentang kehidupan alam sekitar dan atau bentuk lain yang sederhana dan mudah dilakukan sesuai jenjang dan usia anak.
Kedua, desain PR dalam berbagai bentuk produk sesuai minat anak. Setiap anak memiliki potensi yang berbeda. Ada anak yang senang menulis, menggambar, merancang bentuk, dan lainnya. Guru bisa memberikan PR sesuai minat dan potensi anak.