Mohon tunggu...
Arrie Boediman La Ede
Arrie Boediman La Ede Mohon Tunggu... Arsitek - : wisdom is earth

| pesyair sontoloyo di titik nol |

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Bicaralah Apa Adanya

23 Agustus 2020   21:06 Diperbarui: 23 Agustus 2020   21:18 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

jika aku jadi kau
aku tak ingin ikut-ikutan
terjebak dalam cerita yang baik-baik
hanya untuk sekadar mendapatkan pujian
dari sang tuan

jika aku jadi kau
tak ingin kucemari isi kepalaku
tak pernah mau memperhambakan diriku
pada tuan-tuan saudagar perpedagogian
hanya demi segantang kehormatan semu

jika aku jadi kau
tak ingin kuterlibat dalam barisan pencaci maki
penghalal segala cara
yang senang melihat orang susah
susah melihat orang senang

jika aku jadi kau
pantang berbicara sesuatu yang tak kuketahui
agar aku tak dikatakan sebagai orang yang sok tahu
kerana tak ingin kucederai akal sehatku
dengan kepura-puraan

jika aku jadi kau
aku akan bicara apa adanya
walaupun pahit terasa pada ujung lidah
agar aku tak dikatakan hipokrit
agar aku tak dituduh pengumpak

jika aku jadi kau
tak tega kuingkari hati nuraniku
bagiku benar adalah benar, salah adalah salah
bukan benar jadi salah dan salah jadi benar
hanya sekadar menyelamatkan diri dari perangkap dosa kedustaan

ini soal hati nurani, sodara
bukan mau pamer kepongahan
atau berapologia semu
atau melakukan hal-hal yang berbau subversif permisif
agar dikatakan sebagai orang yang kritis

sodara, selagi hayat masih di kandung badan
sampaikan semua kebenaran dengan tanpa beban
kerana menurutku itulah yang terbaik buatmu
ini kesempatan terakhir, "jangan abai!"
bicaralah apa adanya

sumur serambi sentul, 23 agustus 2020
arrie boediman la ede

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun