Mohon tunggu...
ARNO FADHOLAH
ARNO FADHOLAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - SAYA SEORANG MAHASISWA DIUMY PRODI MANAJEMEN

SUKA BEBAGI SOSIAL DAN PERTEMAN DAN VINTA ALAM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Digital Marketing Bagi UMKM

5 Juli 2024   13:40 Diperbarui: 5 Juli 2024   13:43 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era internet saat ini, pemasaran digital sangat penting bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). UMKM memiliki peluang yang sama untuk bersaing dengan perusahaan besar dalam menjangkau audiens global yang lebih besar melalui pemasaran digital . UMKM, dengan internet sebagai platform utamanya, dapat memasarkan barang dan jasa mereka tanpa batasan geografis dengan memanfaatkan media sosial, situs web, dan platform e-commerce. Hal ini memungkinkan mereka menjangkau pasar yang lebih luas daripada hanya pasar lokal atau regional.

Dengan pemasaran digital , UMKM dapat mengukur dan menganalisis hasil kampanye mereka dengan lebih baik. Pemasaran digital berbeda dengan metode pemasaran tradisional yang sulit dilacak karena memberikan data analitik yang mendalam tentang perilaku pelanggan, interaksi online, dan konversi penjualan. Hal ini memungkinkan UMKM untuk mengalokasikan anggaran pemasaran yang lebih baik dan mengoptimalkan strategi berdasarkan kinerja yang diukur secara langsung.

Pemasaran digital memungkinkan UMKM untuk menguji berbagai strategi dan beradaptasi dengan cepat terhadap umpan balik pasar, memungkinkan mereka untuk tetap kompetitif dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah. Dengan kemampuan untuk melakukan kampanye digital dengan biaya yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan iklan tradisional, UMKM dapat menyesuaikan strategi pemasaran mereka dengan cepat dan responsif terhadap perubahan pasar dan tren konsumen.

Pemasaran digital memungkinkan UMKM untuk berkomunikasi dan mempertahankan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan mereka. Mereka dapat berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan mereka, mendengarkan umpan balik mereka, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih personal melalui interaksi online seperti email marketing dan media sosial. Hal ini meningkatkan loyalitas pelanggan dan menciptakan citra merek yang kuat dan positif di mata pelanggan.

Secara keseluruhan, pemasaran digital bukan hanya alat untuk memasarkan barang dan jasa UMKM, tetapi juga sangat penting untuk mengoptimalkan biaya pemasaran, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dan meningkatkan visibilitas. Ini sangat penting di era digital yang terus berkembang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun