Pada era digital saat ini, pemasaran melalui media digital memang sangat penting, karena dewasa ini masyarakat dari berbagai kalangan cenderung menggunakan ponsel pintar atau smartphone untuk mengakses berbagai informasi yang tersedia di internet.Â
Pada era digital marketing agency, sosial media spesialis mempunyai peran yang sangat penting karena berhubungan langsung dengan para konsumen melewati media sosial. Dari sekian banyak profesi digital saat ini, sosial media spesialis memiliki peran yang cukup penting. Karena sosial media spesialis berkutat pada pengguna media sosial yang diharuskan untuk mengikuti segala perkembangan informasi terbaru dan memanfaatkan informasi atau tren tersebut sesuai dengan kapasistasnya sebagai seorang sosial media  spesialis .Â
Â
Profesi seorang sosial media spesialis, muncul akibat maraknya pengguna media sosial saat ini. Dalam hal ini, tentunya pelaku bisnis menjadikan media sosial sebagai sarana promosinya. Maka sosial media spesialis merupakan profesi yang dibutuhkan dalam bisnis pada dunia yang serba digital saat ini.
Apa peranan dari seorang sosial media spesialis ?
Sosial media spesialis adalah orang atau posisi yang fokus membuat konten digital yang menarik dan kreatif untuk semua platform media sosial perusahaan tempatnya bekerja. Tujuannya untuk mensukseskan usaha marketing perusahaan, meningkatkan brand awareness, hingga meningkatkan angka penjualan.
Selain itu Sosial Media Spesialis adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjadi wakil perusahaan atau tempat dimana dia bekerja di seluruh channel media sosial. Mereka membuat konten, membalas pesan maupun komentar dari pengikut, dan menyusun kampanye di sosial media. Sebagai sosial media spesialis harus mampu untuk memahami audiens yang ditargetkan pada setiap kanal media sosial, membuat konten persuasive sesuai dengan audiens yang dituju, dan unik sebagai interaksi khas setiap jenis saluran media sosial. Dengan tujuan yang terarah seperti meningkatkan traffic dari website perusahaan atau meningkatkan brand awareness, sosial media spesialis membantu mengembangkan bisnis melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan juga Twitter.
Menoleh pada beberapa dekade yang lalu, profesi sosial media spesialis ini memang belumdibutuhkan. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi dan internet, banyak perusahaan yang menggunakan sosial media untuk menciptakan konten yang memiliki value dan konsisten di semua platform media sosial, mengelola post media sosial dengan volume tinggi, dan mempersiapkan laporan perkembangan media sosial setiap brand atau perusahaan
Sosial media spesialis memiliki peran strategis dalam membantu perusahaan memanfaatkan potensi media sosial untuk mencapai tujuan pemasaran dan bisnis pada era yang serba digital saat ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H