Mohon tunggu...
Arman Syarif
Arman Syarif Mohon Tunggu... Guru - Pencinta kopi dan sunyi

Lahir di Togo-togo, Jeneponto, Sul Sel. Instagram : arman_syarif_

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Puisi untuk Negeri

20 April 2019   14:50 Diperbarui: 20 April 2019   15:07 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Menghirup udara sore yang disemprotkan truk usang buram. Mendengar tua renta meradang sesaat, lalu meraung-raung dalam kepedihan, anak cucunya hilang ditelan zaman revolusi industri. Dan aku melihat peluh tukang bentor membanjiri jalan raya. Keluh kesah tukang sayur bergelimpangan di trotoar. Semangat nelayan yang surut digulung ombak.

Langkahku tak henti di bawah kolong langit. Berjalan menyusuri butir-butir hujan yang menusuk wajahku dan di jalan aku bertemu dengan wajah-wajah penerus kekuasaan menghuni pohon rindang. Indah terpajang memanjangkan harapan. Aku terus menggunyam, lalu menggerutu di tengah amukan petir. Dalam diam pikiranku melayang, mengukir protes di awan.

Bahwa tebaran janji palsu harus dihentikan. Politik murahan harus dibebaskan dari sangkar egoistis menuju politik altruistis. Dan atas nama pembangunan, roda ekonomi tak boleh melindas rumah-rumah kumuh, gubuk-gubuk para gelandangan dan anak-anak jalanan. Tak boleh memutus urat nadi kehidupan orang-orang miskin.

Aku bersumpah, kebenaran yang kugoreskan, bukanlah sekadar kritik kosong. Untuk kemajuan negeriku, aku pun bersumpah tak akan pernah lengah, meneriakkan gema perlawanan di lorong-lorong kekuasaan. Tak akan berhenti menulis bait-bait perlawanan, sebagai pengingat kepada mereka yang lupa.

(Catatan langit)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun