Mohon tunggu...
Arman Maulana
Arman Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Mataram

Saya adalah seorang mahasiswa yang suka mencari pengalaman baru dan relasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 7 dalam Penerapan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN 37 Cakranegara

24 Juni 2024   17:40 Diperbarui: 24 Juni 2024   17:46 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KM 7 SDN 37 Cakranegara (DOC Pribadi)

         Kampus Mengajar merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), program ini memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan menjadi mitra guru dalam melakukan pengembangan strategi pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan di satuan pendidikan dasar dan menengah. Dengan melaksanakan program ini, Mahasiswa didorong untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan abad 21 (berpikir analitis, penyelesaian masalah, kepemimpinan, manajemen tim, kreativitas dan inovasi, komunikasi interpersonal). Di program Kampus Mengajar Angkatan 7, mahasiswa akan ditempatkan di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, dan Sekolah Kejuruan di seluruh Indonesia agar membantu proses belajar mengajar di sekolah tersebut. Untuk sasaran dan kriteria sekolah yang dituju adalah sekolah yang terpencil atau yang sangat membutuhkan. Untuk materi yang harus mahasiswa peserta Kampus Mengajar siapkan antara lain; Kemampuan Pendagogi, Pembelajaran Literasi dan Numerasi, Profil Pelajar Pancasila, serta Mengembangkan media pembelajaran. Hingga saat ini, program Kampus Mengajar telah memasuki angkatan ke-7 yang diselenggarakan dari tanggal 26 Februari-16 Juni, di kesempatan ini mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram yaitu Arman Maulana, Hera Sukmawati, Gita Qurataini, Mutiatun Solehah, Asty Murniati mengikuti program Kampus Mengajar 7 dan mendapatkan sekolah penugasan di SDN 37 Cakranegara.

        Media pembelajaran merupakan berbagai jenis perangkat atau sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Media pembelajaran dapat berupa media visual, audio, atau kombinasi keduanya yang dirancang untuk mengkomunikasikan informasi secara efektif kepada siswa. Media pembelajaran literasi numerasi adalah alat atau sarana yang digunakan untuk membantu siswa memahami dan mengembangkan kemampuan dalam bidang numerasi, yang meliputi pemahaman terhadap angka, operasi matematika, dan penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari-

      Kemampuan literasi numerasi adalah kemampuan anak dalam menggunakan, mengkomunikasikan, serta mengaplikasikan berbagai macam angka, simbol bilangan, grafik, bagan, tabel, dan sebagainya untuk memecahkan masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari. Proses belajar mengajar dapat efektif perlu menyesuaikan dengan tipe atau gaya belajar peserta didik. Gaya belajar adalah kecenderungan seseorang untuk menggunakan cara tertentu dalam belajar sehingga akan dapat belajar dengan baik. Secara umum dikenal tiga macam gaya belajar, yaitu visual, auditorial dan kinestetik.

       Adapun beberapa pengembangan media yang mahasiswa kampus mengajar terapkan di SDN 37 Cakranegara dalam membantu meningkatkan Literasi Numerasi siswa yaitu:

  • Media Pop Up Book

       Dalam proses belajar mengajar, penggunaan media-media konkrit yang menarik sangat diperlukan guru untuk membantu kelancaran proses pembelajaran dan membantu mempercepat pemahaman siswa, contohnya adalah media pop up book. Media pop-up book yaitu sejenis buku yang mengandung unsur 3 dimensi ketika halaman dibuka bagian dalamnya dapat menghasilkan gerakan, serta memberikan visualisasi yang lebih menarik untuk meningkatkan pemahaman anak terkait materi. Siswa akan mengalamai sebuah pengalaman yang menarik seperti kegiatan menggeser, membuka bahkan melipat dari isi pop-up book sehingga ini menjadi kelebihan dari popup book. Melalui kegiatan seperti itu maka siswa akan lebih aktif, semangat dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.


KM 7 SDN 37 Cakranegara (DOC Pribadi)
KM 7 SDN 37 Cakranegara (DOC Pribadi)

          Dalam hal ini pop up book yang dibuat bermaterikan luar angkasa yang digunakan untuk kelas IV. Isi pop up book menjelaskan tentang planet yang ada diluar angkasa serta terdapat tugas yang harus diselesaikan siswa. Tugas tersebut berupa pengurutan planet sesuai urutannya, dalam pop up book tersebut telah disediakan sedotan plastik yang telah di beri 8 lubang dan juga disediakan 8 gambar planet yang diberikan lidi untuk dimasukkan siswa kedalam sedotan tadi muali dari planet terbesar ke planet terkecil.

  • Media Ular Tangga Literasi Numerasi

       Media Ular Tangga Literasi Numerasi merupakan Media yang dirancang dengan menggunakan permainan yang menarik yang bisa digunakan oleh seluruh siswa. Media Ini digunakan untuk merangsang pengetahuan dan motorik siswa karena mereka bisa berdiri diatas Media tersebut dan mereka yang menjadi pion untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

KM 7 SDN 37 Cakranegara (DOC Pribadi)
KM 7 SDN 37 Cakranegara (DOC Pribadi)
           Media pembelajaran ular tangga ini berbasis permainan yang mengasah otak siswa, adapun Media tersebut terdiri dari beberapa bagian, yaitu setiap bidangnya berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai Literasi dan Numerasi, dadu yang dibuat menggunakan kardus, dan siswa sebagai pionnya. Agar siswa bisa bergerak dari satu bidang ke bidang lainnya harus menjawab pertanyaan yg ditempelkan di media tersebut, jika tidak bisa menjawab maka harus diberhentikan satu kali jalan sebagai hukumannya. Media ular tangga Literasi Numerasi sangat menarik minat siswa ketika pelaksanaan nya karena mereka bisa langsung merasakan dan menjadi pion dalam permainan tersebut.
  • Bangun Datar (Lingkaran)

       Media Bangun Datar (Lingkaran) adalah sebuah media alat peraga matematika yang memperkrnalkan konsep dasar lingkaran beserta unsur - unsur lingkaran. Alat Peraga Lingkaran termasuk kedalam media berbentuk 3 dimensi yang kami desain terdiri dari bagian- bagian lingkaran yang meudahkan siswa dalam memahami konsep dan makna lingkaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun