Mohon tunggu...
Herliana Ariyanti Ewar
Herliana Ariyanti Ewar Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 2023 Universitas Pendidikan Ganesha

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Aksi Nyata Pembelajaran Sosial Emosional Topik 4

24 Juli 2024   07:24 Diperbarui: 24 Juli 2024   07:25 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Refleksi:

Setelah Anda mengetahui bagaimana pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dan bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagaimana Anda sebagai guru membuat rancangan yang diminta pada bagian sebelumnya menjadi projek nyata?

Lembar Kerja 4.5

Tuliskan rancangan/rencana aksi nyata terkait dengan program perubahan perilaku yang akan Anda lakukan di sekolah:

  • Rencana Sesuai Dengan Apa Yang Telah Anda Demonstrasikan
  • Menentukan target perilaku berdasarkan apa yang Anda alami sebagai guru
  • Menentukan siapa yang melakukan observasi
  • Menentukan durasi dan kapan dilakukan (bisa daring atau luring)
  • Menentukan alat bantu pencatatan
  • Bagaimana Aplikasinya
    • Guru atau mahasiswa mengamati peserta saat melakukan pembelajaran di ruangan, bila peserta didik tidak memperhatikan atau asik sendiri dengan hal lain guru atau mahasiswa menegurnya dan mengajak peserta didik tersebut fokus kembali ke pembelajaran
    • Melakukan diskusi sesama teman mengenai materi yang akan di pelajari kemudian melakukan presentasi singkat di depan
    • Bila ada materi yang kurang paham atau kurang jelas bisa di tanyakan kepada guru atau mahasiswa dengan mengangkat tangan kanan
  • Hambatan/Tantangan Yang Akan Dihadapi
    • Setelah di tegur dan di peringati akan melakukan hal yang sama kembali
    • Saat melakukan proses diskusi beberapa peserta didik lebih fokus bercerita di luar materi dengan temannya.
    • Sering tidak adanya pertanyaan dari siswa untuk mahasiswa tau guru yang mengajar

Program: pelaksanaan pembelajaran dengan berdiferensiasi proses

Pencatatan:

  • Peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran
  • peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda sehingga menuntut guru untuk berusaha memfasilitasi peserta didik
  • mudahnya kehilangan fokus apabila pembelajaran bersifat tegang

Hasilnya:

  • Guru menyusun tindak lanjut untuk program yang akan dilakukan
  • guru menyusun berbagai media pembelajaran seperti, gambar, vidio, melakukan diskusi, membaca serta mendengarkan materi yang akan di sampaikan untuk memudahkan peserta didik bisa menerima materi pembelajaran denga mudah
  • melakukan diskusi mengenai materi yang akan di sampaikan kemudian melakukan presentasi singkat juga bisa disertai dengan praktik pembelajaran

Apakah ada perubahan?

Ada, ada beberapa perubahan dari peserta didik, peserta didik menjadi lebih aktif, dan di saat praktik lapangan peserta didik bisa lebih menguasai materi yang telah mereka diskusikan dan sampaikan di depan kelas

Evaluasi

Evaluasi yang dilakukan adalah dengan lebih mengkoordinasikan peserta didik dalam pembelajaran agar diskusi yang di sampaikan dengan teman kelompok lain tidak keluar dari materi pembelajaran

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun