Mohon tunggu...
Herliana Ariyanti Ewar
Herliana Ariyanti Ewar Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Learn and share

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antarmateri Pembelajaran Sosial Emosional Topik 4

23 Juli 2024   21:19 Diperbarui: 23 Juli 2024   21:56 585
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Infografis koneksi antar materi PSE topik 4 (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Buatlah koneksi antar materi mengenai experiential learning, termasuk pengamatan dan pencatatan yang Anda lakukan dengan mata kuliah lain atau dengan kehidupan sehari-hari yang berkaitan. Koneksi antar materi  ini bisa berupa poster, infografis, mind map, dsb.

  • Mengapa perlu melakukan observasi dan pencatatan? Pada perkuliahan apa kiranya topik ini juga relevan dan dapat diterapkan?
    Jawaban:
    Guru perlu melakukan observasi agar mendapatkan informasi yang berguna untuk menentukan tindakan atau intervensi yang tepat untuk peserta didik. Observasi perlu dilakukan agar guru mengetahui kondisi nyata yang ada di kelas dan karakteristik siswa.  Sedangkan dengan melakukan pencatatan, guru dapat mengetahui apakah perilaku peserta didik mengalami perubahan. Pencatatan sebagai bukti konkret dan mempermudah pendataan selama observasi.
  • Materi lain/MK apa yang dapat Anda terapkan bersamaan dengan MK ini? Uraikan!

Jawaban:

  • Hubungan dengan Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II di Sekolah Menengah
    Pada mata kuliah ini mahasiswa melakukan perencanaan terhadap pembelajaran dan asesmen yang akan dilakukan di sekolah. Menurut penelitian Idris (2017) penerapan experiental learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Selain itu, experiental learning juga mendukung pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan peserta didik seperti gaya belajar. Oleh karena itu, experiental learning dapat menjadi salah satu model yang dapat digunakan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmen untuk mewujudkan pengajaran yang efektif.
  • Hubungan dengan Praktik Pengalaman Lapangan II
    Metode experiental learning merupakan metode pembelajaran yang didasarkan pada pengalaman namun metode ini berbeda dengan apa yang disebut dengan istilah "belajar dari pengalaman (learning from experience)" karena konteks "pengalaman " dalam metode experiental learning adalah berbeda, kemudian Usher dan Solomon (Moon, 2004: 104) menyatakan bahwa pengalaman dalam konteks "learning from experience" diinterpretasikan sebagai segala bentuk kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. S.edangkan menurut teori Dewey (2002), metode ini dilandasi dengan prinsip learning by doing sebagaimana yang dilakukan pada kegiatan praktik mengajar di PPL. Pada PPL pendekatan yang dilakukan berdasarkan observasi dan refleksi. Hal inilah yang menunjukkan keterkaitan dengan metode experiental learning.
  • Hubungan dengan Materi Pembelajaran Berdiferensiasi
    Pada pembelajaran berdiferensiasi, peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. Hal ini sesuai dengan metode Experiental Learning yang berkeyakinan bahwa sangat penting bagi guru untuk dapat mengakomodasi kebutuhan dan gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  • Hubungan dengan Mata Kuliah Pemahaman Peserta didik dan Pembelajarannya
    Pada mata kuliah pemahaman peserta didik, belajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku (change behavior ). Ini berarti, bahwa hasil dari belajar hanya dapat diamati dari tingkah laku, yaitu adanya perubahan tingkah laku dari tidak tahu menjadi tahu atau dari tidak terampil menjadi terampil. Hal ini sesuai dengan metode experiental learning dimana untuk bisa membantu peserta didik membentuk perilaku yang baik dalam belajar termasuk mengenali gaya belajar, memperhatikan lingkungan peserta didik (pertemanan, keluarga, relasi dengan guru), guru harus mampu melakukan observasi dan pencatatan perilaku.

Berikut adalah infografis koneksi antar materi Pembelajaran Sosial Emosional topik 4

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun