Mohon tunggu...
Herliana Ariyanti Ewar
Herliana Ariyanti Ewar Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Learn and share

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Eksplorasi Konsep (Navigasi 3, 6, dan 10) Prinsip Pengajaran dan Asesmen II Topik 1

10 Juli 2024   19:36 Diperbarui: 10 Juli 2024   19:49 1669
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Eksplorasi Konsep (3)
Perhatikan contoh rumusan tujuan pembelajaran berikut ini!
Peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup.Peserta didik mampu menganalisis hubungan suhu terhadap wujud zatPeserta didik mampu menjelaskan cara kerja mikroskop.

1.1. Understanding by Design (lanj)
Silakan jawab pertanyaan berikut :

  • Soal 1
    Berdasarkan contoh tujuan pembelajaran tersebut, dapatkah Anda menganalisis bagian kompetensi dan konten yang ingin dicapai?

Jawaban:

Eksplorasi Konsep (6)
1.2. Karakter Peserta Didik (lanj)
Setelah menyimak video, Silakan Anda menyimpulkan hal-hal berikut ini?

  • Soal 1
    Mengapa kita harus memahami karakteristik peserta didik?
    Jawaban:
    Kita harus memahami karakteristik peserta didik karena setiap individu memiliki gaya belajar dan pola asumsi yang berbeda-beda. Dalam memahami karakteristik peserta didik, kita bisa menyesuaikan pengajaran kita agar dapat lebih efektif. Selain itu, memahami karakteristik peserta didik juga dapat membantu kita dalam mengoptimalkan lingkungan belajar agar lebih menyenangkan dan menarik bagi setiap peserta didik. Dalam memahami karakteristik peserta didik, kita juga dapat mengantisipasi dan mengatasi masalah-masalah yang mungkin muncul dalam proses belajar-mengajar. Selain itu, kita dapat mengidentifikasi atau mengetahui kebutuhan belajar murid murid kita. Mengidentifikasi kebutuhan belajar murid sangat penting untuk dilakukan agar kita dapat menyesuaikan pembelajaran dengan tepat dan membantu murid-murid kita sukses dalam proses belajar.
  • Soal 2
    Apa saja komponen karakteristik peserta didik yang harus kita ketahui?
    Jawaban:
    Komponen karakteristik peserta didik yang harus kita ketahui ialah: Pertama, Karakteristik fisik: meliputi usia, kesehatan, dan kemampuan motorik. Kedua, Karakteristik intelektual: keterampilan kognitif, kemampuan belajar, potensi akademik, dan kecerdasan. Ketiga, Karakteristik emosional: tanggapan emosional terhadap situasi, motivasi, minat, dan harga diri. Keempat, Karakteristik sosial: keterampilan sosial, interaksi dengan orang lain, peran sosial, dan komunikasi.
  • Soal 3
    Bagaimana cara untuk mengetahui karakteristik peserta didik kita?
    Jawaban:
    Cara kita untuk mengetahui karakteristik peserta didik kita ialah sbb: Pertama, observasi: Melalui pengamatan langsung, kami dapat memperhatikan hal-hal fisik, perilaku, kesulitan belajar, minat, keterampilan sosial, dan karakteristik emosional yang dimiliki peserta didik. Kedua, tes psikologi: Tes psikologi di bidang kognitif atau perkembangan emosi dan sosial dapat membantu kita memahami karakteristik peserta didik. Ketiga, wawancara: Wawancara dengan peserta didik atau orang tua/wali murid dapat memberikan informasi tentang latar belakang, pengalaman, minat, dan tujuan belajar peserta didik. Keempat, Dokumen terkait: Informasi dari catatan kesehatan, riwayat pendidikan, atau prestasi akademik sebelumnya dapat memberikan petunjuk tentang karakteristik yang dimiliki peserta didik..
  • Soal 4
    Apa kaitan karakteristik peserta didik dengan kesesuaian pembelajaran?
    Jawaban:
    Karakteristik peserta didik sangat berpengaruh terhadap kesesuaian pembelajaran. Setiap peserta didik memiliki keunikan dan kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga sebagai pendidik, penting untuk memperhatikan karakteristik peserta didik dalam merancang pembelajaran. Dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik seperti minat, bakat, gaya belajar, dan tingkat kemampuan, kita dapat menciptakan pembelajaran yang sesuai dan efektif bagi setiap peserta didik. Selain itu, dengan mengetahui karakteristik peserta didik kita dapat menyesuaikan pembelajaran dengan tepat dan membantu murid-murid kita sukses dalam proses belajar mereka meluangkan waktu dan memberikan perhatian terhadap murid-murid kita sebagai individu untuk mengetahui kebutuhan belajar mereka sesungguhnya dapat membantu kita menjadi guru yang lebih efektif.

Eksplorasi Konsep (10)
1.3. Pendekatan Pembelajaran
Silakan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut!

  • Soal 1
    Ceritakan pengalaman belajar Anda sesuai dengan latar belakang budaya, sosial, emosional dan tingkat capaian! Apakah yang dapat Anda terapkan pada rancangan pembelajaran Anda?
    Jawaban:
    Salah satu pengalaman belajar saya yang sesuai dengan latar belakang budaya, sosial, emosional dan tingkat capaian ialah saat PPL. Pada saat PPL saya mengajar di kelas yang memiliki beragam latar belakang budaya, sosial, emosional dan tingkat capaian peserta didik.
    Hal yang saya terapkan ialah  merancang pembelajaran yang sesuai dengan semua latar belakang tersebut bisa menggunakan metode pengajaran yang kreatif dan interaktif. Saya memilih memilih tema atau topik yang memotivasi siswa dengan latar belakang yang berbeda misalnya tentang tradisi budaya yang berada di daerah tersebut. Materi pembelajaran dapat dilengkapi dengan visual seperti gambar atau video untuk membantu siswa dengan gaya belajar visual. Selain itu, saya juga bisa memperhatikan aspek emosi siswa seperti memberikan kesempatan pada siswa untuk saling belajar dan menghormati budaya dan perbedaan sosial satu sama lain. Saya juga menggunakan rubrik penilaian yang menilai pencapaian siswa berdasarkan kemampuan mereka, sehingga menghindari diskriminasi. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan latar belakang siswa dan gaya belajarnya dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa yang berbeda. Dengan menggunakan pendekatan belajar yang sesuai dengan latar belakang budaya, sosial, emosi dan tingkat pencapaian siswa, siswa dapat lebih mudah beradaptasi dalam pembelajaran.
  • Soal 2
    Anda telah mempelajari pentingnya memahami karakteristik peserta didik, asesmen yang dapat digunakan, serta kaitannya dengan proses merancang pembelajaran dan asesmen.
    Agar Anda dapat memahami materi ini secara utuh, susunlah peta konsep mengenai prinsip merancang pembelajaran dan asesmen, serta pemahaman karakteristik peserta didik!
    Jawaban:

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun