Mohon tunggu...
Herliana Ariyanti Ewar
Herliana Ariyanti Ewar Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Learn and share

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai dari Diri (3) Prinsip Pengajaran dan Asesmen II Topik 1

9 Juli 2024   13:52 Diperbarui: 9 Juli 2024   14:03 295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mulai Dari Diri (3)
Anda telah merancang pembelajaran dan asesmen pada mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I, siapkan dokumen rancangan pembelajaran dan asesmen tersebut lalu lakukan observasi. Untuk mempermudah, jawab beberapa pertanyaan berikut ini!

  • Apakah Anda telah memetakan karakteristik peserta didik sebelum menyusun rancangan pembelajaran? Tuliskan contoh pemetaan karakteristik peserta didik Anda!
    Jawaban:
    Ya sebelum menyususn rancangan pembelajaran saya telah memetakan karakteristik peserta didik. Berikut adalah contoh pemetaan karakteristik peserta didik:
    • Minat belajar
      Objek yang diobservasi adalah sikap aktif peserta didik pada pembelajaran, bertanya dalam proses pembelajaran, mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu, membaca buku diperpustakaandan mengingatkan guru jika lupa menagih tugas yang telah diberikan.
    • Kemampuan awal
      Objek yang diobservasi adalah sikap responsif peserta didik pada saat pembelajaran. Kemampuan (akademik) awal setiap peserta didik heterogen, ada yang memiliki kemampuan awal, ada juga yang tidak.
    • Gaya belajar
      Objek yang diobservasi adalah sikap atau gaya peserta didik dalam menerima materi dan mengekspresikan selama proses pembelajaran. Peserta didik memiliki beberapa gaya belajar yaitu audio, visual, audio-visual.
    • Motivasi belajar
      Objek yang diobservasi adalah keaktifan atau partisipasi peserta didik dalam kelas. Siswa aktif: 1) Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan sungguh-sungguh; 2) Mendengar penjelasan guru dan bertanya jika ada yang belum dipahami; 3) Bekerjasama dengan baik dalam kelompok pada percobaan praktikum sederhana (listrik statis); 4) Berada dikelas sebelum pembelajaran dimulai (disiplin waktu).
  • Apakah Anda merumuskan kompetensi/tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik? Tuliskan kompetensi atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai!
    Jawaban:
    Ya. Saya merumuskan kompetensi/tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik. Berikut contoh kompetensi atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai:
    • Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan  konsep suhu dengan tepat
    • Melalui demonstrasi peserta didik mampu mengukur suhu dengan thermometer.
    • Melalui kajian pengukuran, peserta didik mampu mengkonversi pengukuran suhu dengan thermometer Celcius, Fahrenheit, dan reamur.
  • Apakah Anda menentukan teknik dan instrumen asesmen yang sesuai dengan karakteristik peserta didik? Tuliskan teknik dan instrumen yang Anda pilih pada rancangan pembelajaran tersebut!
    Jawaban:
    Ya. Saya menentukan teknik dan instrumen asesmen yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Berikut adalah teknik dan instrumen yang saya pilih pada rancangan pembelajaran:
    • Penilaian sikap
      Teknik: observasi
      Instrumen: rubrik
    • Penilaian pengetahuan
      Teknik: Tes tertulis
      Instrumen: rubrik
    • Penilain keterampilan
      Teknik: Projek
      Instrumen: rubrik
  • Tuliskan metode pembelajaran yang Anda pilih pada rancangan pembelajaran tersebut!
    Jawaban:
    Metode pembelajaran yang saya pilih pada rancangan pembelajaran tersebut adalah diskusi dan presentasi.
  • Apakah Anda sudah memetakan rencana pendampingan, pengayaan, dan percepatan terhadap peserta didik sesuai dengan kompetensi mereka?
    Jawaban:
    Ya. Saya sudah sudah memetakan rencana pendampingan, pengayaan, dan percepatan terhadap peserta didik sesuai dengan kompetensi mereka. Berikut contoh rencana pendampingan, pengayaan, dan percepatan terhadap peserta didik:
    • Pembelajaran Remidial
      Peserta didik mengulang dengan merangkum konsep suhu beserta latihan soal yang belum dipahami melalui kegiatan tutor sebaya yang didampingi oleh temannya                   yang sedang melaksanakan pengayaan.
    • Pembelajaran Pengayaan
      Peserta didik diberikan kegiatan untuk membaca dan menjelaskan  aplikasi pemanfaatan suhu dalam kehidupan sehari-hari
      Peserta Didik Menjadi pendamping tutor sebaya bagi                 temannya yang remedial.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun