Mohon tunggu...
Herliana Ariyanti Ewar
Herliana Ariyanti Ewar Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Learn and share

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai Dari Diri (LK 1.3) Pembelajaran Sosial Emosional Topik 1

28 Juni 2024   11:07 Diperbarui: 28 Juni 2024   12:09 1251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

02.01.3-T1-2c Mulai dari Diri (LK 1.3)
Silakan Anda memberikan respon jawaban untuk pertanyaan refleksi berikut ini:
3. Identifikasi Situasi Kegiatan Belajar Mengajar
Berikut adalah beragam situasi kegiatan belajar dan mengajar di kelas maupun lingkup sekolah. Anda diminta membayangkan kondisi tersebut. Bagaimana respon Anda terhadap situasi tersebut?

  • Soal 1
    Situasi :
    Guru menjelaskan tetapi mahasiswa sibuk dengan aktivitas lain.
    Atau
    Selama pembelajaran daring, siswa tidak on-cam (tidak menyalakan kamera). Mereka juga jarang merespon
    Refleksi:
    Bagaimana respon emosi Anda?
    Bagaimana perasaan Anda?
    Your answer:
    Respon emosi saya ketika Selama pembelajaran daring, siswa tidak on-cam (tidak menyalakan kamera). Mereka juga jarang merespon ialah tentunya marah dan kesal. Namun untuk mencegah hal tersebut sebaiknya diawal pembelajaran disampaikan aturan-aturan yang berlaku selama pembelajaran daring. Misalnya harus menyalakan kamera, berpakaian rapi dan merespon setiap pertanyaan, salah satu penilaian berdasarkan partisipasi dalam pembelajaran. Apabila diterapkan aturan diawal hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama pembelajaran berlangsung.
  • Soal 2
    Situasi:
    Guru mengajukan pertanyaan, siswa tidak ada yang menjawab
    Atau
    Menjawab sekenanya.
     
    Refleksi:
    Bagaimana perasaan Anda ketika bisa mengontrol emosi Anda?
    Bagaimana bila sebaliknya?
    Apakah efeknya?
    Your answer:
    Perasaan saya ketika bisa mengontrol emosi ketika dihadapkan dengan situasi siswa tidak ada yang menjawab pertanyaan ialah merasa lega namun kecewa. Saya merasa lega karena bisa mengontrol emosi, merasa kecewa karena siswa tidak ada yang menjawab pertanyaan. Apabila hal yang terjadi sebaliknya atau saya tidak bisa mengontrol emosi tentunya saya akan marah kepada siswa dan menegur mereka. Maka efek yang terjadi para siswa merasa tidak nyaman dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun