Mohon tunggu...
Herliana Ariyanti Ewar
Herliana Ariyanti Ewar Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Learn and share

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Eksplorasi Konsep Topik 2 Kesimpulan Materi 2 Pembelajaran Sosial Emosional

25 Juni 2024   11:04 Diperbarui: 25 Juni 2024   11:09 5324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL TOPIK 2
Kesimpulan Materi 2

Moda: MandiriTujuan Pembelajaran Khusus (CPMK 2,3)
Menguasai dan menerapkan konsep kompetensi sosial emosional menurut CASEL pada diri sendiri dan pada peserta didik.
Mampu memetakan kompetensi sosial emosional peserta didik dengan mempertimbangkan latar belakang, kebutuhan dan tahap perkembangan peserta didik.

Apa yang bisa anda simpulkan sebagai calon guru?
Jawaban:
Guru dapat menjadi agen perubahan dalam lingkungan sekolah. Sekolah dan pendidik harus fokus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Peserta didik harus didorong untuk berperan aktif dan bersemangat ketika berada di sekolah. Misalnya membiarkan murid memilih hal yang menarik bagi mereka dan memperdalam pengetahuan mereka dengan mengizinkan mereka belajar lebih tentang topik yang menarik bagi mereka. Selain itu, keterampilan yang diajarkan juga lebih penting daripada materi yang diajarkan, dan penekanan harus diberikan pada memberikan waktu dan ruang untuk membicarakan isu-isu sosial yang signifikan. Dalam hal ini guru atau instruktur merupakan agen yang dapat memberikan contoh atau mengajarkan kemampuan sosial emosional. Pembelajaran sosial-emosional dalam pendidikan, termasuk pengembangan keterampilan seperti kesadaran emosional, empati, dan komunikasi yang efektif. Siswa harus dapat berkomunikasi dengan baik dan memahami emosi mereka sendiri, serta menghargai orang lain dan bekerja sama dalam kerja tim. Keterampilan interpersonal dan emosional sangat penting diajarkan melalui penggunaan literatur dan keterlibatan siswa dalam diskusi. Program ini bertujuan untuk mengintegrasikan pembelajaran sosial-emosional ke dalam kurikulum yang ada untuk membantu siswa menjadi sukses di masa depan, dan menekankan bahwa keterampilan ini penting bagi setiap anak, terlepas dari karir apa yang dipilih atau masa depan yg mereka miliki.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun