PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
Kesimpulan Materi 1
Moda:Â Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus (CPMK 2,3)
- Menguasai dan menerapkan konsep kompetensi sosial emosional menurut CASEL pada diri sendiri dan pada peserta didik.
- Mampu memetakan kompetensi sosial emosional peserta didik dengan mempertimbangkan latar belakang, kebutuhan dan tahap perkembangan peserta didik.
Apa yang bisa anda simpulkan sebagai calon mahasiswa?
Jawaban:
EMC2 (Empathy, Compassion, Mindfulness, Critical Inquiry) perlu diasah oleh seorang guru agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Empathy merupakan kemampuan dalam memahami peserta didik secara mendalam baik dalam situasi pribadi maupun sosial serta peduli terhadap emosi yang dimiliki oleh peserta didik.Â
Perlu diketahui bahwa keterampilan empathy juga dapat menyebabkan burn out apabila individu tidak memiliki keterampilan untuk membatasi diri dari emosi atau perasaan negatif. Oleh karena itu, perlu diimbangi dengan compassion yaitu kemampuan individu dalam merasakan dan memahami apa yang dirasakan orang lain namun tetap dengan batasan tertentu.Â
Mindfulness diperlukan dalam proses mengajar untuk mengurangi bias dan perilaku negatif dalam menghadapi sesuatu, dengan beberapa teknik mindfulness yang dapat dilakukan. Melalui ketiga kompetensi tersebut, diperlukan critical inquiry sebagai kemampuan individu dalam memperoleh sebuah informasi kemudian dianalisis untuk dipahami. EMC2 dapat membantu membangun situasi belajar yang positif.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI