Mohon tunggu...
Ari Wisnu
Ari Wisnu Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Menulis cuma pelampiasan, tapi itu lebih baik daripada memendam perasaan

Mahasiswa Universitas Malikussaleh Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

PKM Aplikasi Manajen Car Adverting

14 Januari 2021   21:23 Diperbarui: 14 Januari 2021   21:38 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

"JOGJA TRAVELADS"

APLIKASI MANAJEMEN CAR ADVERTISING UNTUK USAHA KECIL MENENGAH DI YOGYAKARTA

BIDANG KEGIATAN : PKM KEWIRAUSAHAAN

BAB 1 PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran antara penjual ke pembeli. Periklanan didefinisikan sebagai segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang maupun jasa secara non personal oleh suatu sponsor tertentu yang melibatkan pembayaran (Kotler, 2003). 

Melalui iklan tersebut idealnya penjual atau penyedia jasa dapat memberikan pesan efektif yang menarik perhatian (attention), mengembangkan ketertarikan (interest), membangkitkan keinginan (desire) dan menggerakan tindakan (action) (Johar, 2015). Iklan sangat berpengaruh besar terhadap perilaku konsumen. Pengaruh iklan terhadap perilaku konsumen sangat variatif, mulai dari mendorong konsumen untuk mencari produk yang dimaksud sampai dengan mendorong orang yang sebelumnya tidak loyal menjadi loyal (marketing.co.id).

Jenis jenis media dan cara yang digunakan oleh penjual atau pemilik perusahaan dalam periklanan sangat beragam, mulai dari iklan menggunakan media cetak hingga media elektronik. Masifnya pemasangan iklan dengan media elektronik maupun iklan di dunia maya baik di website, media sosial, hingga video iklan tidak lantas membuat iklan konvensional ditinggal begitu saja. Dengan sentuhan teknologi terkini iklan konvensional mulai kembali bergairah seperti tren iklan pada kendaraan atau lebih dikenal car advertising (www.kompas.com). Car advertising yaitu iklan yang menggunakan bodi kendaraan bermotor sebagai media pemasangan iklan.

Car advertising dinilai lebih efektif dibanding dengan iklan luar ruang yang lain. Kategori iklan-iklan luar ruang diantaranya adalah poster, rombong, prismatek, reklame, iklan dalam kendaraan, spanduk, billboard, balon udara, umbul umbul dan lain sebagainya (Wicaksono et al., 2008). Selain mengenai tata kota yang menjadi semrawut karena banyaknya iklan-iklan luar ruang yang terkadang tidak terpasang rapi, masalah yang muncul secara fisik adalah mengenai bahaya pemasangan iklan luar ruang khususnya billboard bagi pengguna jalan dan masyarakat sekitar.

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun