PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
"JOGJA TRAVELADS"
APLIKASI MANAJEMEN CAR ADVERTISING UNTUK USAHA KECIL MENENGAH DI YOGYAKARTA
BIDANG KEGIATAN : PKM KEWIRAUSAHAAN
BAB 1 PENDAHULUAN
Â
Latar Belakang
Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran antara penjual ke pembeli. Periklanan didefinisikan sebagai segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang maupun jasa secara non personal oleh suatu sponsor tertentu yang melibatkan pembayaran (Kotler, 2003).Â
Melalui iklan tersebut idealnya penjual atau penyedia jasa dapat memberikan pesan efektif yang menarik perhatian (attention), mengembangkan ketertarikan (interest), membangkitkan keinginan (desire) dan menggerakan tindakan (action) (Johar, 2015). Iklan sangat berpengaruh besar terhadap perilaku konsumen. Pengaruh iklan terhadap perilaku konsumen sangat variatif, mulai dari mendorong konsumen untuk mencari produk yang dimaksud sampai dengan mendorong orang yang sebelumnya tidak loyal menjadi loyal (marketing.co.id).
Jenis jenis media dan cara yang digunakan oleh penjual atau pemilik perusahaan dalam periklanan sangat beragam, mulai dari iklan menggunakan media cetak hingga media elektronik. Masifnya pemasangan iklan dengan media elektronik maupun iklan di dunia maya baik di website, media sosial, hingga video iklan tidak lantas membuat iklan konvensional ditinggal begitu saja. Dengan sentuhan teknologi terkini iklan konvensional mulai kembali bergairah seperti tren iklan pada kendaraan atau lebih dikenal car advertising (www.kompas.com). Car advertising yaitu iklan yang menggunakan bodi kendaraan bermotor sebagai media pemasangan iklan.
Car advertising dinilai lebih efektif dibanding dengan iklan luar ruang yang lain. Kategori iklan-iklan luar ruang diantaranya adalah poster, rombong, prismatek, reklame, iklan dalam kendaraan, spanduk, billboard, balon udara, umbul umbul dan lain sebagainya (Wicaksono et al., 2008). Selain mengenai tata kota yang menjadi semrawut karena banyaknya iklan-iklan luar ruang yang terkadang tidak terpasang rapi, masalah yang muncul secara fisik adalah mengenai bahaya pemasangan iklan luar ruang khususnya billboard bagi pengguna jalan dan masyarakat sekitar.