Mohon tunggu...
ARIWAHYUZA
ARIWAHYUZA Mohon Tunggu... Guru - GURU

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Suka dan Duka Mahasiswa PPG Daljab

6 Maret 2024   12:15 Diperbarui: 6 Maret 2024   12:50 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Perkenalkan nama saya adalah Ariwahyuza, S.Pd. Saya adalah seorang guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pampangan yang mulai bertugas dari tahun 2010 sampai sekarang. Awalnya saya adalah guru honorer, alhamdulillah pada tahun 2022 ada suatu kebijakan dari pemerintah pusat yaitu pengangkatan pegawai baik dari kalangan guru maupun non guru yag berstatus honorer. Adapun kebijakan itu adalah Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja atau PPPK. Saya ikut tes tersebut dan lulus karena saya antusias dengan kebijakan tersebut dikarenakan tidak bisa ikut tes PNS usia diatas 35 Tahun. Setelah lulus PPPk tersebut saya mendapatkan undangan dari kemendikbud untuk mengikuti suatu perkuliahan yang namanya Program Profesi Guru Dalam Jabatan atau PPG Daljab.

Perkuliahan saya dimulai dari bulan Oktober 2023 sampai Februari 2024. Dimana selama perkuliahan itu kami dibagi dalam jadwal perkuliahan 2 siklus dengan hari kuliah dari hari Senin sampai Sabtu kecuali hari libur dan minggu. Pada saat mulai kuliah saya mengalami kesulitan karena baru mendapatkan baru dan belum tahu sama sekali sehingga pada tugas pertama yang diberikan dosen dan pamong saya mengalami kesulitan. Saya berusaha bagaimana tugas yang diberikan oleh dosen dan pamong itu terselesaikan. Saya pun bertanya sama google, teman dan pamong itu sendiri dan akhirnya selesai. Pada tugas berikutnya saya tidak lagi mengalami seperti itu lagi karena sudah terbiasa dalam tugas yang diberikan oleh pamong dalam PPG Dalajb.

Tapi pada suatu kegiatan kami diberikan tugas dengan waktu yang sangat singkat untuk menyelesaikan tugas yag diberikan dosen dan pamong dan tugasnya begitu cukup banyak sayapun panik dan sangat sedikit stress sebab belum pernah mengalami seperti ini. Dengan tenang dan sabar akhirnya tugas yang diberikan oleh dosen dan pamong bisa saya selesaikan dalam waktu yag singkat biarpun hasilnya tidak begitu sempurna. 

Pada pembuatan video praktik pembelajaran terutama disiklus I PPL kemarin saya mengalami hambatan yaitu hujan yang deras sehingga peserta didik sulit untuk datang ke sekolah, sinyal yang hilang serta waktu zoom video semakin dekat untuk ditayangkan sehingga membuat diri saya panik, akhirnya dengan restu sang pencipta semua hambatan tadi terselesaikan sehingga pembuatan video praktik pembelajaran selesai dan dinilai oleh dosen dan pamong sangat baik meskipun masih ada perbaikan disana-sini.

Akhirnya selesai lah kuliah kami selama 3 bulan dan ini lagi menunggu ujian kinerja dan ujian pengetahuan yang akan kami hadapi. Setelah apa yag kami lalui tadi dari bulan Oktober sampai Februari, banyak hal yang kami dapatkan dari pembelajaran PPG ini salah satunya menjadi guru yang hebat, menjadi pendidik yang menyenangkan, menjadi pendidik yang dicintai peserta didiknya, menjadi penyemangat bagi peserta didiknya, menjadi fasilitator dalam pembelajaran sehingga tidak membosankan, mendapatkan ilmu pengetahuan dalam bidang guru bagaimana cara pembuatan rencana pembelajaran yang baik, penciptaan media pemeblajaran dengan berbasis teknologi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun