Mohon tunggu...
Arivinza
Arivinza Mohon Tunggu... -

Selamat datang, Arivinza. Sebelum menggunakan Kompasiana, kami membutuhkan tambahan informasi tentang Anda. Silakan isi informasi yang dibutuhkan di bawah ini. Jika Anda ingin account Kompasiana terpisah dengan Account KompasID Anda saat ini, silakan klik di sini. (Note: anda hanya bisa melakukan satu login dalam waktu yang sama)

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual Melalui ESQ [Bag-4]

22 April 2012   07:15 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:17 578
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

BAGIAN : 4

SOCIALSTRENGTH

PENJERNIHAN EMOSI.

SUNGGUH,agamaKamu ini satu agama saja , dan Aku adalahTuhanmu. Karna itu sembah lah Aku . Q.S.21 surat AL Anbiyaa’ayat 92.

1V.SOCIALSTRENGTH – KETANGGUHAN SOSIAL.

1V. 1. LANGKAH EMPAT:STRATEGIC COLLABORATION . [sinergi].

--Puasa adalah suatu pelatihan nyatasetelah seseorang memiliki keimanandalam rangka membangun ketangguhan pribadi nya.

---Sedangkan zakat adalah suatu bentuk “pertahanan aktif” dari dalam keluar. Prinsip zakat adalah ” memberi “ memberi kepada linggungan sosial adalah salah satu modal awal membentuksuatu sinergi dalam rangka membangun “ ketangguhan sosial”.

--Memberi yang berasal dari sifat Al Wahhab [Yang Maha Penganugerah].

--memberi rezeki yang berasal dari sifat Ar Rozzaq [Sang Maha Penabur Rezeki]

Dermawan yang berasal dari sifat Al Barr [Sang Maha Pembawa Kebaikan].

Zakatsuatu upaya untuk memanggil dan mengangkat suara-suara hati untuk memberi , untuk menjadi dermawan , dan untuk memberi rezeki kepada orang lain.

Ini adalah bukti ilmiah psikologis yang berpungsi tidak hanya untuk memberi keseimbangan batiniah tetapi juga untuk mencerdaskanESQ.

Zakatakan menghasilkan suatu sinergi dengan masyarakat , adalah suatu penyaluran kebutuhan akan kehendak hati manusia untuk berkelompok dan bernasyarakat. Yang artinya zakat adalah suatu metode mengangkat suara hati.

Katakan lah : “Sungguh , Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapayang Ia berkenan dari hamba-hamba-nya, dan menyempitkan [nya]Dan tiada sesuatu pun yang kamu nafkahkan yang tiada diganti-nya. Ia-lah sebaik-baik pemberi REZEKI.”[Q.S. 34surat As Saba’ ayat39].

Langkah empat STRATEGICCOLLABORATION.

[SINERGI]

Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatasrezekinya, memberi nafkah menurut pemberian ALLAH tiada membebani seseorang lebih dari apa yang Ia berikan kepadanya . Sesudah orang menderita kesukaran , ALLAH akan memberinya kelapangan. [Q.S. 65 .surat Ath Tholaaq [talak] ayat 7.

1V. 1.a.INVESTASIZAKAT.

ORANG yang sabar, orang yang benar, orang yang taatberibadah, orang yang memberi nafkah , dan orang yang berdo’a memohon ampun sebelum fajar menyingsing . [Q.S. 3surat Ali ‘IMRAN ayat 17].

Zakat adalah suatu metode untuk menganggat kembali GOD – SPOT.[hati nurani]agar kembali aktip dan hidup .

Zakatpada prinsip nya adalah memelihara lingkungansosial dengan pinsip ‘memberi’, sehingga tercipta sunergi. Sinergi, adalah kerja samaantara seseorang atau sekelompok orang, dengan orang lain , [dengan kelompok lain ] menghargai berbagai perbedaan yang ada.

1V. 1.b.PENTINGNYA SINERGI [JAMA’AH]

HAIManusia!‘Bertakwalah kepada Tuhanmu, yang menciptakan kamu dari se orang, dan menciptakan daripadanya pasangan nya, dan dari keduanya Ia kembang biakkan banyak laki-laki dan perempuan. Dan bertakwalah kepada ALLAH, yang dengan nama-nya kamu selalu meminta, dan jagalah hubungankeluarga. SUNGGUH, ALLAH selalu mengawasi kamu.

[Q.S.4surat An Nisaa’ayat 1 .]

Prinsip zakat yang didasari oleh prinsipBismillalah adalah suatu interaksiantara anggota kelompolk melalui pendekatansuara hati untuk saling mendukung secara tulus .

1V.1.c.PRINSIPZAKATDALAMRUKUNIMAN.

Zakat adalah suatu prinsip sinergi yang tidak terpisahkan dari 6 prinsip Berpikir berdasarkan rukun IMAN . Ia memiliki kererkaitan yang sangat erat dengan setiap prinsip di dalam Rukun Iman itu . Untuk itu akan saya jelaskan satu persatu.

Barang siapa membawa kebaikan , pahalanya lebih baik dari [kebaikannya

Zakat dalam prinsip Bintang – Prinsip satu. (Star Principle)

Apabila kita mengacu pada Al-Qur’an, bahwa dalam diri manusia telah ditiupkan ruh oleh Allah, Dan didalam Al-Qur’an terdapat 99 sifat Allah, dimana sifat Allah telah terekam dihati manusia dan terbukti bahwa suara-suara hati manusia sesuai dengan sifat-sifat Asmaul Husna (God Spot).

1.ZAKAT DALAM PRINSIP

Kepercayaan Prinsip Dua[ANGELPRINCIPLE].

Anda tidak bisa berbohong atau berpura-pura untuk meraih suatukepercayaan sejati . sifat ALLAH adalah MAHA BENAR ,artinya tuntutan suara hati manusia pun ingin selalu bersifat jujur .

KESIMPULANNYA , Zakat dalam prinsip Dua yaitu , membangun suatu sinergi berdasarkan kepercayaan yang dibangun melalui INTEGRITAS yang tulus ,mau memberikan kepercayaankepada orang lain , atau selalu bersedia melakukan koreksi diri melalui ‘prinsip istigfar’ Dalam berhubungan dengan orang lain . dan yang terpenting adalahmau berkorban demi MENJAGA KEPERCAYAAN itu sendiri . saya menamakan prinsip ini adalah “ZAKAT KEPERCAYAAN “.

2.ZAKAT DALAM PRINSIP KEPEMIMPINAN—PRINSIP TIGA

[LEANDERSHIPPRINCIPLE].

Zakat didalam PRINSIPkepemimpinan adalah suatupendelegasian untuk memberikan wewenang kepada orang lain dalam

mengelola sarana dan prasarana , membimbing orang lain melalui ilmu yang bermanfaat dan menunjuk orang lain secara resmi ,

4 .ZAKAT DALAMPRINSIP PEMBELAJARAN – PRINSIP EMPAT

[LEARNING PRINCIPLE].

Hasil dari prinsip pembelajaran adalah sebuah ilmu pembelajaran pengetahuan , dan ilmu pengetahuan adalah dasar dari setiap keberhasilan . ilmu pengetahuan di ibaratkan sebagai petunjuk dan pembinbing untuk meraih suatu keberhasilan .

Zakat didalam prinsip pembelajaran adalah memanfaatkan atau memperaktekan ilmu pengetahuaan yang ia peroleh untuk kemakmuran bumi, juga selalu memberikan ilmu pengetahuan yang telah ia miliki kepada orang lain . prinsip ini adalah “ZAKAT ILMU”.

5.ZAKAT DALAM PRINSIP MASA DEPAN – PRINSIP LIMA

[VISIONPrinciple].

Namun masalah nya , begitu banya orang tidak memiliki visi tentang masa depan , sehingga ia tidak tahu ke mana ia akan melangkah . apa yang ia kerjakan , tidak berorientasi pada masa depan , karena ia tidak memilikirencana apa-apa tentang masa depan.

6.ZAKAT DALAM PRINSIP KETERATURAN –PRINSIP ENAM

[WELL Organized principle ].

Sungguh, orang-orang yang membaca kitab ALLAH, mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami berikan kepadanya diam-diam dan terang-terangan , mereka mengharapkan perniagaan yang tiada akan merugi.[Q.S. 35 surat faathir ,ayat 29.

Jadi , zakat disini adalah suatu upaya untuk memberikan kesempatan kepada orang lain untuk melakukan suatu kolaborasi dengan anda . saya menamakan hal ini adalah “ZAKAT KOLABORASI”.

“Kemampuan “. Sehingga anda tidak salah dalam melihat dan mengenal orang lain . “Mata hati” . anda yang tajam akan mampu melihatsiapa orang yangberada dihadapan anda. Dan tentu saja dengan prinsip“husnu dzan”yang bersih dan bebas dari belenggu[prasangga buruk]kepada orang lain .

HASIL STRATEGIC COLLABORATION – SINERGI.

Zakat adalah langkah nyata membangun suatu landasan yang kokoh guna membangun sebuah sinergi yang kuat , yaitu berlandaskansikap empati, kepercayaan, sikap koperatif dan keterbukaan, serta kredibilitas.

Apakah mereka hendak membagi-bagikan rahmat Tuhanmu ?Kamilah yang membagi-bagikan antara mereka penghidupan di dunia . dan Kami angkat derajat sebagian mereka di atas yang lain , supaya sebagian mereka dapat mempergunakan yang lain bekerja untuk nya . Tetapi Rahmat Tuhan mu lebih baik dari apa yang mereka Kumpulkan . [ Q.S.43 surat Az Zukhrufayat32.]

2.Langkahlima--TOTALACTION-----Aplikasi total.

Serulah manusiauntuk beribadah haji .Mereka akan datangKepadamu berjalan kaki , [atau] naik berbagai macam untayang kurus, yang datang dari segenap penjuru . Q.S. 22 surat AL Hajiayat 27.

LANGKAHLIMA :TOTAL ACTION ---- APLIKASI TOTAL .SERULAH MANUSIA UNTUK BERIBADAH HAJI.

Mereka akan datang kepadamuberjalan kaki , atau naik berbagaimacam unta yang kurus, yang datang dari segenap penjuru.[Q.S. 22 surat AL hajj ayat 27. ]

1V.2.-LANGKAHLIMA :TOTALACTION __APLIKASI TOTAL.

Bawalah bekal, tetapi sebaik-baiknya bekal ialah takwa.Bertakwalah kepada-ku,Hai orang yang menggunakan pikiran. Q.S. 2 Al Baqarah ayat 197.

Haji merupakan lambang dari puncak“Ketangguhan pribadi” dan puncak “Ketangguhan sosial “ .

Secara sosial , haji merupakan simbol dari kalaborasing tertinggi, yaitu suatu pertemuan pada skala tertinggi, dimana seluruh umat islam sedunia melaksanakan langka yang sama , dengan landasanprinsip yang sama.

1V.2.a.LANGKAH ZERO MIND PROCESS- IHRAM.

Mengenai pakaian IHRAM, memiliki arti yang sangat luas dan dalam sekali . pakaian ihram memiliki arti dari sisi mentalitas pribadi, dan hubungan sosial . Dari sisi mentalitas , pakain IHRAM adalah simbol dari FITRAH.

Apa bila anda dalami secara sungguh-sungguh , maka anda akan merasa bangga sebagai umat islam,bahwa betapa lebih maju ilmu ESQ kita,

Mereka sudah terbebas dari bungkusan pakaian manusia.Yang sering merupakan simbol-simbol palsu yang penuh dengan kebohongan.

Inilah dasar empati yang sesungguhnya,inilah makna pakaian ihram.

1V.2.b.PENGASAHAN KOMITMEN DAN INTEGRITAS-THAWAF.

Kemudian suruhlah mereka menghilangkan kotorannya , dan memenuhi nazar_nazarnya. Dan hendaklah mereka Thawaf. [pula] sekitar[Baitullah] yang tua.[Q.S. 22 AL hajj ayat 29].

THAWAF , adalah suatu bentuk pelatihan untuk mempertajam prinsipkeimanan yang dibangun melalui pelatihan fisik.

Ka’bah, adalah suatu visualisasi prisip . prinsip hanya berpegang kepada Allah yang Maha Esa. Ka’bah adalah sebuah “alat bantu” untuk mentransformasikan prinsip yang abstrak , kepada sesuatu yang nyata . Sehingga prinsip yang kasat mataini bisa lebih divisualisasikan. Inilah perwujudan kasih sayang ALLAH untuk membantu manusia membangun paradigmanya yang Esa.

Thawaf , merupakan suatu langkah fisik untuk mengelilingi Ka’bah mengelilingi Ka’bah . melambangkan kegiatan manusia yang tiada henti.

Berpusat pada Ka’bah , melambangkan bahwa segala kegiatanhanya berprinsip kepada ALLAHsemata-mata , tiada yang lain. Inilah pusat prinsip , LAA ILLAAHA ILLALLAAH .

Berputar tujuh kali , melambangkan jumlah hari dalam satu minggu, suatu upaya yang tiada kenal henti untuk berjuang . Namun perjuangan itu harus tetap berpusat pada prinsip. Apapun yang terjadi . ALLAH-lah pusat keguatan prinsip kita.

1V.2.c.PENGASAHANAQ [ Adversity Quotient ]--- SA’I

Tak ada orang sukses tampamengalami kegagalan dan perjuangan . Ciri orang gagal selalu berhenti pada saat ia mengalamihambatan dan kesulitan , sedangkan orang sukses tidak berhenti pada saat iabelumberhasil .

Nilai ridha ALLAH dengan kegiatan SA’I , justru ketika sedang berjalan dan berlari , atau ketika berusaha. Semua upaya dicatat oleh ALLAH SWT sebagai ibadah kepada-nya. Kewajiban manusia adalah berusaha tiada henti , tampa kenal putus asa.ALLAH yang akan memberikan air zam-zam , sebagai simbol berkah rezeki dan keselamatan.

AQ, atau Adversity Quotientadalah kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam mengatasikesulitan dan sanggup bertahan hidup . Dengan AQ, .Sungguh, shafa dan Marwah merupakan sebagian syi’arALLAH .

-Maka barang siapa beribadah hajike Baitullah atau ber Umroh, tiadalah salahnya iaberthawaf mengelilingi ke dua nya. Dan barang siapa atas kemauan sendiri berbuat kebaikkan, sungguh, ALLAH Berterima kasih, Maha tahu.[Q.S. 2 AL Baqarah . ayat 158. ]

1V.2.d.EVALUASIDANVISUALISASI—WUQUF.

DI padang Arafah, seluruh jama’ah melakukan “wuquf”Wuquf artinya berhenti. Berhenti di sini artinya berhenti secara fisik , namun bergerak secara pikiran . pikiran bergerak ke arah netral , atau bergerak ke ar fitrah.Fitrah maksutnya , merasakan dan mendengarkan seluruh suara hatiyang berjumlah 99 tersebut.

Ad 2.Visualisasi

Visualisasidi dalam wukuf adalah suatu pembentukan visi yang luar biasa karena visualisasi di lakukan di tanah suci yaitu di padang Arafah.Visualisasi ini akan berlandaskan pada suatu pemikiran yang telah

“ Dibersihkan “.Visualisasiyang dibangun di atas landasan yang kokoh. Di samping Visualisasi ini dilandaskan atas fitrah.

Maka setelah selesai kamu melakukan Ibadah Haji , panjatkanlah puji-pujian kepada ALLAH , sebagaimana kamu memanjatkan puji-pujian kepada leluhurmu , YA malahan lebih sungguh-sungguh lagi .[Q.S.2AL Baqarah ayat 200. ].

1V.2. e. HADAPITANTANGAN-LONTARJUMRAH.

Musuh kita yang terberat sebenarnya adalah terletak di dalam diri kita sendiri. Manusia , dari sisi mentalitas terdiri dari beberapa unsur musuh

-MUSUHYANGPERTAMA:adalah nafsu lahiriah, atau insting hewani .,hal ini lebih mudah dideteksi, karena umumnya kita mudah mengindentifikasi jenis – jenis nafsu ini. Berpungsi semata-mata untukmenpertahankan hidup saja .

- MUSUH YANG KEDUA :Lebih berat dan lebih sulit terdeteksi,karena Kadang – kadang kita sama sekali merasa tidakbersalah, musuh itu bergerak dengan sangat efektif dan efesien. Melontar jumrah, tanpa mengetahui bagaimana strategi musuh menyerang

- MUSUH YANG KETIGA:yang paling berat dan paling sulit di sembuhkan,Serangan yang paling berbahaya adalah, ia hanyaMendorong satu suara hati, tetapi membiarkan , suara hati yang lain tidak bekerja. Hal ini sering menipu, karna kita merasa bahwa tindakan ini sudah benar.

Siapkan lahuntuk menghadapi mereka dengan segenap kemampuan , kekuatan dan persediaan pasukan berkuda , untuk menimbulkan ketakutanpada musuh –musuhALLAH dan musuh-musuhmu , serta orang selain mereka yang tiada kamu ketahui , tetapi ALLAH mengetahui [nya]. Apapun yang kamu nafkahkan di Jalan ALLAH , akan dibayar kembali kepadamu . Dan tiada kamu diperlakukan sewenang—wenang.[Q.S. 8. Surat AL Anfaalayat 60.

1V.2.f.SINERGI- JAMA’AHHAJI.

Alam semesta adalah teladan yang terbaik untuk mengajarkan.prinsip sinergi.

Pada saat kita mengerjakan ibadah haji, semua dilakukansecara bersama-sama , tidak ada satu pun rukun haji yang dilakukan secara sendiri-sendiri .mulai dari tawaf , sa’i , wuquf , atau pada saat melontar jumroh . Haji melambangkan suatu sinergi pada tingkat internasional .

Haji merupakan puncak ibadah tertinggi dalam rukun islam. Artinya sinergipun adalah puncak kegiatan tertinggi dalam kehidupan manusia.

Sinergi haji mengajarkan manusia untuk selalu bersikap “husnudzon” kepada orang lain, jujur kepada orang lain, bersikap terbuka, dan berusaha saling mempercayai. Pada saat haji, semua orang mengekspresikan prinsipnya yang sama dengan anda, yaitu berpusat kepada ALLAH Yang Maha Esa.

- Alam semesta merupakan manifestasi .dari keseluruhan sifat-sifat ALLAH, apabila anda memperhatikannya sungguh-sungguh. Meskipun sifat-sipat ALLAH itu beraneka ragam ,.Hasilnya merupakan perwujudansatu Kesatuan yang bersifat

-Jadi, sinergi bukanlah suatu metode baru, tetapi merupakan fitrah dari ALLAH yang mendorong manusia untuk bersatu. Menuju ALLAH Yang Esa.

1V.2.g.QURBAN.

Qurban, bukan berarti ALLAH melarang kita mencintai anak atau harta.

Ketahuilahbahwa kekayaanmudan anak-anakmu hanyalahujian [ bagimu]. Dan bahwaALLAH , padanyalah pahala yang besar.Q.S. 8. Surat Al Anfaal ayat 28.

Hai manusia ! Kami ciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan . kami jadikan kamu berbagai bangsa dan berbagai suku , supaya kamu saling mengenal . sungguh , yang paling mulia diantara kamubagi ALLAH , ialah yang paling takwa di antara kamu .

Sungguh ALLAH Maha Mengetahui, Maha Sempurna Pengetahuan- Nya. Q.S. 49. Surat Al Hujuraat ayat 13.

Ibadah qurban melambangkantingkat kepasrahan /berserah diri tertinggi hanya kepada ALLAH dengan segala keikhlasan jiwa dan raga,

Qurban, bukan berarti ALLAH melarang kita mencintai anak atau harta kita. Bukankah Semua itu fana dan akan hilang?

Qurban adalah suatu pelatihan untuk mengembalikan diri kita kepada fitrah diri, Yaitu Star Principle. Monotheisme, hanya menyembah dan berprinsip kepada ALLAH Yang MahaTunggal, tidak ada yang lain.Laa Ilaaha Illallah .

“Sungguh,Kita adalah milik ALLAH , dan kepadanya –kita kembali “Q.S.2.surat AL Baqarah.ayat 156.

---HASIL TOTAL ACTION—APLIKASI TOTAL

Haji adalah suatu transformasi prinsip dan langkah secara total[Thawaf],konsistensi dan persistensi perjuangan [Sa’i], evaluasi dari prinsip dan langkah yang telah dibuat , dan visualisasi masa depan melalui prinsip berpikir dan cara melangkah yang fitrah

[Wukuf] . Haji juga merupakan suatu pelatihan sinergi dalam skala tertinggi , dan haji adalah persiapan fisik serta mental dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan[Lontar JUMROH].

IMAN bukanlah angan-angan tetapiapa yang bersemayam dalam hati dan diwujudkan dalam bentuk amal perbuatan .

1V.3.SARAN DANAPLIKASISOCIAL STRENGTH.

--Lakukanlah zakat Wajib secara aiklas karena aLLAH Yang Maha Kaya. Disamping untuk menolong orang lain .

Prinsip memberi [bismillah] ada dasar dari semua keberhasilan. Lakukan dengan tulus ikhas.

Zakat adalah suatu metode untuk membangkitkan suara hati berasal dari sifatAr Rohmaan, Ar Rohiim, Al Wahhaab, Ar Rozzaq, As Salam, Al Fattaah , Al ‘ Adil, Asy Syakuur, Al Qoyyuum, Al Mughniy dan Al Jaami’suara –suara hati itulah dasar dariESQ, , --Seluruh prinsip didalam RukunIman dan langkah di dalam RukunISlamdilaksanakan secara totaldan menyeluruh. Disinilah terletak “transformasi puncak”dari keyakinan dan prinsip yang abstrak ke aplikasi gerak yang konkrit,

--Sebelum melakukan ibadah haji, pelajaridulu maknanya secara mendalam, agar anda bisa memperoleh benefit yang maksimum.

Semua dilakukan bersama_sama dengan prinsipKolabrorasi [AL Jaami’ ] di samping rukun haji itu sendiri, sehingga anda memiliki wawasanyang cukup [takwa]

Anda harus memahami terlebih dahulu makna keseluruhan dari Rukun Iman dan Rukun Islam, disamping Rukun Haji itu sendiri, sehingga anda memiliki wawasan yang cukup [takwa] sebelum melakukan‘maha training’ dari ALLAH Yang Maha Pembuka Hati dan Maha Pembimbing ini.

Disaat ibadah inilah prinsip zero mind [ ihrom ],komitmen dan integritas kepada ALLAH Yang Maha Esa [ tawaf ], perjuangan [sa’i], tangtangan [ lontar jumroh ], sinergi dan kolaborasi [jama’ah haji] serta evaluasi dan vilualisasi [ wuquf] dilaksanakan serta ditransformasikan secara fisik,

Apabila Anda sudah “mampu” , maka wajib melakukan ibadah haji .anda harus memahami dahulu makna keseluruhan dari Rukun Iman dan Rukun Islam , di samping RukunHaji itu sendiri ,

LAKUKANLAHIbadah haji dengan berbekal wawasan keimananyangSOLIT[takwa].

Dalam nya ada bukti-bukti yang terang , [misalnya] makam Ibrahim, Barang siapa memasukinya , ia aman . Beribadah haji ke rumah itu , adalah kewajiban manusia kepada ALLAH , [Yakni]siapa yang mampu melakukan perjalanan ke sana . Tetapi barang siapa yang ingkar, sungguh , ALLAH MAHA KAYA,Tiada memerlukan mahluk –mahlukCiptaan – nya.[Q.S. 3. SuratALI ‘Imran. ayat 97. ]

--Shibghoh ALLAH [‘celupan ‘ ALLAH]. Siapakah yang lebih baik shibghohnya dari pada ALLAH?Hanya kepada-nyalah kita menyembah.

[Q.S. 2 Al Baqarah ayat 138. ]

-- Bahwa ternyataRukun Iman dan Rukun Islam bukan hanya sebuah ajaran ritual semata, tetapi memiliki makna yang maha penting membangun kecerdasan emosi dan spiritual[ESQ].

Islam bukan sekedar agama langit, tetapi sekaligus agama yang dapat membumi [ workable ].

--Rukun Iman dan Rukun Islam, di samping sebagaipetunjuk ritual bagi umat islam, ternyata pokok pikiran dalam Rukun iman dan Rukun Islam tersebut juga memberikan bimbingan untuk mengenal dan memahami perasaan kita sendiri, dan perasaan orang lain, memotivasi diri, mengelolah emosi dalam berhubungan dengan orang lain.

- Tata urutan dalam Rukun Imandan Rukun Islam ternyata disusun berdasarkan suatu tingkatan anak tangga yang sangat teratur dan sistematis, serta memiliki keterkaitan erat dan kuat, dalam satu kesatuan yang Esa.

“Ketangguhan sosial”. Kecerdasanintelektual atau IQ, hanyalah suatu“Kemampuan dasar”.Ia membutuhkan kreatifitas, visi, komitmen, integritas dan kemampuan bersinergi dengan orang lain, serta daya tahan mental untuk menghadapi tantangan. Ini semua tercakup dalam kecerdasan emosi dan spiritual, yang merujuk pada kandungan nilai-nilai Rukun Iman dan Rukun Islam, yang bersumber pada Al Qur’an Al karim.Inilah manusia unggul hasil“celupan ALLAH “ .

“Kecerdasan emosi adalah kemampuan merasakan, memahami, dan secara efektif menerapkan daya serta kepekaan emoai sebagai sumber energi, impormasi, dan pengaruh yang manusiawi.”

Asmaul Husna merupakan sumber dari suara hati manusia adalah dasar mengenali dan memahami bagian terdalam dari suara hati kita sendiri, juga perasaanserta suara hati orang lain.

Asmaul Husna atau God-Spot adalah dasar dan kunci dari “Emotional and Spiritual Intelligence” dalam membangun “Ketangguhan Pribadi”. Sekaligus membangun“Ketangguhan Sosial”

Nama-nama ALLAH- lah yang merupakan kunci dasar Rukun Iman dan Rukun Islam. Alam semesta beserta isinyatercipta karna dorongan Nama-nama ALLAH itu.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi baik sosial maupun eksakta tercipta karna suara hati ALLAH.

Suara hati anda , juga suara hati kita semua bersumber dari suara hati ALLAH Yang Maha Mulia dan Maha Benar.

-=Manusia adalah satu umat—Lalu ALLAH mengutus Para Nabi,--Membawa kabar gembira dan peringatan dan bersama mereka diturunkan-nyaKitab-kitab yang mengandung kebenaran—untuk memberi keputusan antara manusia – Mengenai hal-hal yang mereka perselisihkan dan yang berselisih tentang hal-hal itu – Hanyalah orangyang diberi kitab-kitab , Setelah datang kepada mereka bukti-bukti yang nyata – Karena kedengkian yang satu kepada yang lain – Maka ALLAH membimbing dengan karunia--nya- Orang yang beriman kepada kebenaran – Mengenai hal—hal yang mereka perselisihkan – dan ALLAH membimbing siapa yang Ia berkenan ke jalanyang lurus .

Q.S. 2 suratAl Baqarah ayat 213.

-ALLAH mempunyaiAsmaa-ul Husna [nama-nama yang Agung yang sesuai dengan sifat-sifat ALLAH] maka memohonlah kepadaNya dengan menyebutAsmaa-ul Husna itu.–Q.S.7. Surat Al Araaf ayat 180.

Sabda Rasullullah SAW ;Hendaknya Anda memiliki sifat seperti ALLAH Ta’ala.

MENGAMBIL SATU KEPUTUSAN;

-- Cara paling efektif mempergunakan Suara hatiketika anda dihadapkan pada suatu pilihan , dan pada satu kejadian, di mana anda harus membuat suatu keputusan . “Berpikir melingkar “ harus bekerja . Thawaf suara hati.

--Pertimbangkan seluruh Asmaul Husna yang relevan saat itu.

--Janganlah anda pergunakan satu suara hati saja, dengan mengabaikan suara hati yang lain.

--Jika anda menghadapi suatu pilihan yang sulit, berpikirlah melingkar, lakukan suara hati.‘Esa-lah dalam berpikir dan bertindak.

--Pergunakan suara—suara hati itu untuk memahami perasaan orang lain [ empati ], dalam bersosialisasi.

--Ingat, mempergunakan salah satu suara hati itu untuk memahami perasaan orang lain [empati], dalam bersosialisasi.

--‘strategi setan’ untuk menjerumuskan kita. Seperti ; ingin berkuasa, tetap tidak adil. Ingin kaya, tetap tidak jujur.

....Maka sempurnakanlah takaran dan timbangan. Jangan rugikan orang dalam hak miliknya, dan jangan buat kerusakandi muka bumi, sesudah [ALLAH]memperbaikinya . Itu lebih baik bagimu, jika kamu orang beriman .[ Q.S. 7 suratAl A’raaf ayat 85. ].

--Matahari dan bulan [ beredar] dengan penuh perhitungan – Langit ia tinggikan dan diadakan-nya neraca [keadilan] . –Supaya jangan kamu lampaui batas timbangan .Tegakanneraca dengan keadilan , dan jangan kamu kurangi timbangan .– Maka karunia manakah dariTuhanmu , Yang kamu dustakan ? [Q.S. 55 surat Ar Rahmanayat 5,7,8,9,13 ].--- sekian---,

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun