MAKALAH
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu:
NURIN ROCHAYATI M.Pd
Di Susun Oleh:
SUNIAH
ANNISA HANSA KAMILA
HELNIZA
ANAYA SALSABILA
ARISTA WIDYANI
PROGRAM STUDI GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
2024
KATA PENGANTAR
Puji syukur diucapkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.
Penulis sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Mataram, 3 Desember  2024
                                                    Penyusun
DAFTAR ISI
COVERi
KATA PENGANTARii
DAFTAR ISIiii
BAB I PENDAHULUAN1
Latar Belakang1
Rumusan Masalah1
Tujuan Masalah1
BAB II PEMBAHASAN2
Pengertian Belajar dan Pembelajaran2
Faktor-Faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa
dalam konteks pembelajaran di kelas3
Peran Teknologi dalam Mendukung Proses Belajar dan Pembelajaran
Yang lebih Efektif di era Digital Saat ini4
Teori Belajar5
BAB III PENUTUP6
Kesimpulan6
Saran6
Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Belajar merupakan proses yang kompleks yang melibatkan perubahan perilaku, pemahaman, keterampilan, atau sikap individu melalui pengalaman atau interaksi dengan lingkungan. Secara umum, belajar tidak terbatas pada pendidikan formal di sekolah, melainkan juga terjadi di berbagai situasi kehidupan sehari-hari. Proses belajar melibatkan kegiatan aktif dari individu, termasuk eksplorasi, refleksi, dan penyesuaian terhadap informasi atau pengalaman baru.