Mohon tunggu...
Ariska Lestari
Ariska Lestari Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa universitas muhammadiyah tangerang

Hallo, saya Ariska Lestari Mahasiswi semester 4 di Universitas Muhammdiyah Tangerang jurusan Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pendidikan Itu Penting untuk Bekal di Masa Depan

26 Mei 2022   11:11 Diperbarui: 26 Mei 2022   11:19 525
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gedung Kampus UMT Pusat

Saat memasuki masa SMA/SMK adalah fase dimana kita sudah dewasa, dan serius untuk memikirkan masa depan dan kehidupan selanjutnya. Dimana kita harus siap menentukan jati diri mau dibawa kemana kehidupan yang akan datang. Mau tetap bertahan dan tidak berkembang atau melanjutkan hidup yang lebih baik. Setelah lulus sekolah kita dihadapkan dengan pilihan, melanjutkan pendidikan atau lanjut bekerja atau memilih keduanya yaitu bekerja sambil kuliah. Setiap orang berhak untuk menentukan pilihan hidup masing-masing.

Saat seseorang memilih untuk melanjutkan pendidikan pasti setiap orang berharap mendapat pendidikan yang baik dan berkualitas, saya termasuk didalamnya. Setelah lulus sekolah, harapan saya adalah melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negri. Dari beberapa prestasi saya saat SMA, sebenarnya saya bisa melanjutkan kuliah di universitas impian saya, yaitu Universitas Negri Jakarta / UNJ. Saya bisa mengandalkan sertifikat-sertifikat yang saya miliki saat bersekolah. Saya bercita-cita ingin menjadi guru seni budaya, karena bagi saya menjalani kewajiban bekerja didasarkan hobi adalah sesuatu yang harus di syukuri dan menyenangkan. Tetapi, karena ada satu dua hal yang mengharuskan saya untuk tidak melanjutkan kuliah di universitas negri akhirnya saya memutuskan untuk gap year dan mencari pekerjaan.

Akhirnya pilihan hidup saya setelah lulus sekolah adalah untuk melanjutkan kuliah sambil bekerja. Bagi beberapa orang, bekerja sambil kuliah adalah suatu hal yang tidak mungkin. Atau untuk beberapa orang beranggapan kuliah sambil bekerja akan mengganggu salah satunya. Seperti seharusnya kita hanya fokus pada pelajaran dikampus, tetapi malah terganggu oleh pekerjaan, dan begitu sebaliknya. Tetapi pilihan saya sudah bulat untuk menentukan bagaimana selanjutnya yang harus saya jalani. Bekerja sambil kuliah bukan menjadi pengganggu waktu produktif kita di masa muda. Tetapi menjadi motivasi untuk lebih rajin dan semangat lagi dimasa muda sebagai bekal dimasa tua.

Setelah saya gagal untuk masuk Perguruan Tinggi Negri, saya memutuskan untuk mencari kampus di Tangerang yang sesuai dengan keadaan yang sedang saya jalani saat ini. Dimana saya adalah pekerja yang harus bisa membagi waktu antara bekerja dan berkuliah. Akhirnya saya menemukan kampus yang menurut saya cocok untuk saya. Universitas Muhammadiyah Tangerang / UMT adalah kampus swasta yang sangat cocok dijadikan pilihan calon mahasiswa seperti saya yang memilih melanjutkan kuliah sambil bekerja. Disaat saya bingung menentukan harus melanjutkan kuliah dimana, saya menetapkan diri untuk melanjutkan kuliah di UMT karena lokasi yang strategis, biaya yang terjangkau, waktu kuliah yang fleksibel dan terakreditasi B. Dan Universitas Muhammadiyah Tangerang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kampus-kampus lain. Salah satunya adalah kelas Regular shift. Regular shift adalah kelas yang sangat cocok bagi mahasiswa yang bekerja sambil kuliah, jadi mempermudah pekerja yang sedang shift pagi atau shift malam untuk berkuliah, hanya perlu menyesuaikan jadwal bekerja dihari itu apakah masuk pagi/malam. Karena di UMT kelas Reguler shift ini sangat fleksibel dan tidak mempersulit mahasiswa nya. Jadi mempermudah saya untuk membagi waktu kuliah dan bekerja, dan tidak menganggu keduanya.

Jadi, Universitas Muhammadiyah Tangerang adalah pilihan yang cocok untuk melanjutkan sekolah perguruan tinggi. Perguruan tinggi swasta ataupun perguruan tinggi negri sama saja, kuliah dimanapun sama, tergantung niat kita dan bagaimana kita menjalaninya. Gagal kuliah di Universitas Negri jangan dijadikan alasan untuk tidak melanjutkan kuliah, karena pendidikan itu penting bagi kehidupan yang akan datang. Niat baik untuk melanjutkan sekolah adalah ibadah, jangan jadikan alasan apapun untuk menghalangi ibadah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun