Berikut analisis video yang saya lakukan untuk menyelesaikan tugas demonstrasi kontekstual modul 3.2 pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.
Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi? Visi sekolah SD Negeri Cipanas Kota Serang berdasarkan dari video yang ditayangkan menurut saya adalah "Terwujudnya warga sekolah yang memiliki Semangat Belajar Tinggi, Kreatif, Inovatif, dan Kolaboratif.
Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video? Prakarsa perubahan yang dilakukan oleh guru adalah "Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar".
Apakah pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut? Yang menjadi pertanyaan utama dari guru dalam tayangan video tersebut adalah "Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?".
Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan BAGJA?
B - Buat Pertanyaan. Dalam tahap membuat pertanyaan yang dilakukan oleh guru adalah dengan mengajak rekan sejawat untuk merumuskan pertanyaan utama dari prakarsa perubahan yang akan dilakukan. Kegiatan yang dilakukan oleh guru adalah dengan memberikan pertanyaan pematik kepada murid dengan menuliskan kata Penyemangat Belajar dipapan tulis. Dalam video tersebut guru bertanya dengan kalimat Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?
A -- Ambil Pelajaran. Untuk dapat mengambil pelajaran dalam tayangan video tersebut yang dilakukan oleh guru adalah Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi dari pendapat dan pengalaman murid. Dengan pertanyaan apa yang disukai dari kelas ini dan juga mencari kelas yang menurut murid sudah aman dan nyaman untuk belajar guru mengajak murid untuk melakukan kunjungan atau observasi di kelas 2 dan 6 secara berkelompok untuk mengajak murid mengambil pelajaran dari kelas lain untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat. Setelah selesai melakukan kegiatan murid diajak berdiskusi kelompok untuk menuliskan apa yang disukai dan mengapa.
G -- Gali Mimpi. Dalam tahapan gali mimpi guru mengajak anak secara berkelompok untuk membayangkan seperti apakah kelas yangan nyaman dan menyenangkan? Seperti apa kelas yang menjadi impian? Dan murid dapat menggambar kelas seperti apa yang nyaman dan menyenangkan menjadi penyemangat untuk belajar. Semua alat dan bahan yang dibutuhkan disediakan oleh guru. Setelah selesai kegiatan dilakukan secara bergantian masing-masing perwakilan dari kelompok mempresentasikan gambar hasil kerja kelompoknya.
J -- Jabarkan Rencana. Untuk tahap jabarkan rencana tindakan yang dilakukan oleh guru adalah dengan mengajak murid untuk berkontribusi menentukan kebutuhan. Pertanyaan yang diberikan oleh guru adalah Apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan kelas impian kita? Apa yang dibutuhkan? Kemudian setiap siswa memberikan pendapatnya dan guru menuliskan hal-hal yang dibutuhkan dipapan tulis.
A -- Atur Eksekusi. Ditahap terakhir ini kegiatan yang dilakukan oleh guru adalah memberikan kesempatan kepada murid untuk berkontribusi menentukan tugas pembagian kelompok. Guru menanyakan kesiapan murid untuk mewujudkan kelas impian dan bertanya kapan waktu yang tepat untuk memulai kegiatan mewujudkan kelas impian. Untuk mengeksekusi tindakan guru membagi murid menjadi empat kelompok, menentukan tugas kelompok seperti membersihkan kelas, menata tempat duduk, menghias dinding, dan menyusun buku. Setelah kegiatan selesai dilakukan guru memberikan apresiasi kepada murid karena telah mewujudkan kelas yang aman, nyaman, dan menyenangkan untuk belajar.
Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video tersebut?