Evaluasi adalah penilaian hasil kerja atau belajar seseorang secara sistematik dengan tujuan yang jelas untuk menentukan tingkat pencapaian pembelajaran. Evaluasi pembelajaran anak usia dini adalah suatu proses dan hasil belajar yang sistematik meliputi pengumpulan, penganalisisan, penafsiran, dan pemberian keputusan dengan model bermain dan belajar di PAUD yang disesuaikan dengan indikator pencapaian perkembangan dan pembelajaran yang mengacu pada standar penilaian pembelajaran.
Perlu diketahui bahwa dalam evaluasi pembelajaran anak usia dini terdapat pokok bahasan yang harus diperhatikan, terdapat 4 bahasan yaitu istilah-istilah dalam evaluasi, prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran PAUD, karakteristik evaluasi pembelajaran PAUD, dan juga tujuan evaluasi.
Terdapat beberapa istilah-istilah dalam evaluasi , yaitu : evaluasi pembelajaran, penilaian, ujian, ulangan, pengukuran, tes, assessment. Istilah-istilah itulah yang biasa digunakan untuk menentukan hasil tingkat pencapaian pembelajaran seseorang.
Evaluasi Pembelajaran
Suatu tindakan atau proses yang dilakukan untuk menentukan nilai dari sesuatu yang berakhir dengan cara mengambil keputusan atau evaluasi terhadap data yang dikumpulkan dari hasil penilaian.
Penilaian
Penilaian dalam bahasa inggris dikenal dengan kata assessment yang diartikan menilai sesuatu atau bisa dikatakan sebagai proses menentukan nilai suatu objek.
Adapun pendekatan penilaian meliputi :
- Assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran)
- Assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran)
- Assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran)
Ujian
Kegiatan yang menguji mutu pendidikan atas mata pelajaran tertentu yang telah diajarkan selama satu semester, satu tahun pelajaran, bahkan selama seorang peserta didik berada di jenjang tertentu. Ujian dilakukan untuk menentukan seorang peserta didik lulus atau tidak dalam sebuah jenjang pendidikan.
Ulangan