Mohon tunggu...
Arini Nurfazri
Arini Nurfazri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mathematics Education Student at UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Start everything with a beautiful smile. ^^

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Media Pembelajaran Matematika

4 Mei 2023   06:00 Diperbarui: 4 Mei 2023   06:54 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seiring perkembangan zaman banyak sekali hal baru yang terus bermunculan sehingga manusia dituntut untuk bisa mengikuti alur perkembangan zaman yang begitu cepat ini. Salah satu cara untuk mengimbangi perkembangan zaman adalah dengan memperbanyak ilmu pengetahuan baik dengan cara belajar di pendidik formal atau dengan mengeksplor secara bebas ilmu yang tersebar luas di internet. Salah satu pelajaran yang sangat penting dan selalu ada di setiap jenjang pendidikan sekolah adalah matematika. Mungkin sekilas matematika terlihat tidak ada hubungannya dengan perkembangan zaman, salah besar jika beranggapan demikian  karena dalam teknologi matematika sangat berperan penting. Beberapa contohnya adalah probabiltas untuk mengetahui program mengevaluasi hasil, algoritma untuk mengurutkan pemecahan masalah menggunakan bahasa pemrograman, kemudian kalkulus biasanya komputer akan membaca data dalam bentuk biner. Numun, banyak sekali siswa ataupun mahasiswa yang kurang menyukai matematika karena dianggap sebagai materi yang sulit untuk dipahami. Maka dari itu guru harus lebih meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreatifitas dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara  untuk mempermudah komunikasi dan meningkatkan kretifitas dalam pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan media pembelajaran matematika. Sebagiamana manfaat media pembelajaran yang dikemukakan Mashuri (2019:5) bahwa media pembelajaran dapat memperjelas dalam komunikasi matematika sehingga dapat memudahkan siswa dalam proses dan hasil belajar.

Media pembelajaran matematika terdiri dari 3 kata yaitu media, pembelajaran, dan matematika. Media berasal dari Bahasa Latin merupakan bentuk jamak dari kata "medium" yang  secara harfiah berarti perantara atau pengantar (Nurseto, 2011:20). Sedangkan menurut KBBI media adalah alat (sarana) komunikasi untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi. Secara umum media pembelajaran dalam pendidikan disebut sebagai media, yaitu alat komunikasi yang mendorong siswa agar terdapat rasa ingin belajar Antero (dalam Mashuri, 3: 2019). Musfiqon (dalam Sufri, 2019) media merupakan sebuah alat yang model desainnya disesuaikan dengan kebutuhan sehingga membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Sadiman dkk (dalam Putik, 2015: 7) bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirirm kepenerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minta serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Sehingga dari pendapat-pendapat tersebut dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran matematika adalah media atau alat bantu perantara komunikasi Bahasa matematika agar dapat lebih mudah dipahami oleh siswa sehingga muncul keinginan dan motivasi untuk mempelajari matematika.

Bahri Djamrah dan Aswan Zain (Netriwati & Lena, 2022) menyatakan dalam bukunya tentang jenis-jenis media pembelajaran dibagi menjadi 7 kelompok yaitu :

  • Media Grafis, Bahan Cetak dan Gambar Diam
  • Media Proyeksi Diam
  • Media Audio
  • Media Audio Visual Diam
  • Film (Motion Pictures)
  • Televisis
  • Multimedia

            Kemudian adapun manfaat dari menggunakan media pembelajaran menurut Nurseto  (Mashuri, 2019) adalah sebagai berikut :

  • Menyamakan persepsi siswa karena dengan melihat objek yang sama dan konsisten maka persepsi siswa akan sama.
  • Mengkonkretkan konsep-konsep yang abstrak. Missal dalam materi bangun ruang sisi datar seperti kubus, balok, limas, dan lain-lain dapat dilihat secara nyata dengan membuat bentuk-bentuk tersebut agar lebih memahami konsep dari bangun ruang sisi datar itu sendiri.
  • Menghadirkan objek berbahaya melalui sebuah foto ataupun video, sehingga siswa mengetahui missal gunung meletus, binatang buas, lautan, dan lain-lain
  • Menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil misalnya, sebuah pesawat udara, bakteri, kuman, dan lain-lain
  • Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat atau lambat

Itulah sedikit pembahasan materi mengenai media pembelajaran matematika, semoga dapat bermanfaat dan memotivasi teman-teman yang telah membaca artikel ini

 

DAFTAR PUSTAKA

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Penerbit Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=HWIXEAAAQBAJ&lpg=PR5&ots=R-pQNgAXz4&dq=multimedia pembelajaran matematika&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false

Netriwati, & Lena,  mai S. (2022). Media Pembelajaran Matematika SMP. May, 340. https://www.researchgate.net/profile/Netriwati-Netriwati/publication/332935226_MEDIA_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/links/5cd29c97a6fdccc9dd93ac5c/MEDIA-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA.pdf

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun