Mohon tunggu...
arina khoirin
arina khoirin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Airlangga

memiliki hobi bernyanyi dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Senyum Sehat, Hati Nyaman Pasien di Klinik Spinat

7 Januari 2025   15:22 Diperbarui: 7 Januari 2025   14:23 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto saat di klinik Shinta

Kualitas pelayanan menjadi tolak ukur penting dalam memberikan kepuasan kepada pasien di setiap klinik kesehatan. Pelayanan yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh fasilitas medis yang lengkap, namun juga oleh sikap petugas kesehatan yang ramah, sigap, dan profesional dalam menangani pasien. Klinik Pratama Rawat Inap "Shinta" yang terletak di Jl. Gajah Mada No.45, Lingkungan Mojoroto R, Mojopanggung, Kec. Giri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, hadir sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan yang memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sekitar.

Klinik Shinta beroperasi 24 jam dan menyediakan berbagai layanan medis. Klinik ini juga melayani perawatan kesehatan ibu dan anak, serta berbagai layanan lain seperti pemeriksaan Swab Antigen dan Rapid Anti Body. Pada tanggal 14 November, saya berkesempatan untuk mengunjungi Klinik Pratama Rawat Inap "Shinta" untuk mengamati secara langsung alur pelayanan pasien. Klinik ini memiliki tiga alur pelayanan utama, yakni alur gawat darurat, alur gawat dan tidak darurat, serta alur tidak gawat tidak darurat.

1. Alur Gawat Darurat
Pasien yang mengalami kondisi darurat akan segera diarahkan untuk dibawa ke rumah sakit terdekat dengan tujuan agar dapat memperoleh penanganan medis yang lebih intensif dan lengkap.

2. Alur Gawat & Tidak Darurat
Pada pasien yang tidak dalam kondisi gawat darurat, namun memerlukan perhatian medis, mereka akan diarahkan menuju Unit Gawat Darurat (UGD) untuk pendaftaran, anamnesis, serta tindakan lebih lanjut seperti rawat inap atau rujukan. Setelahnya, pasien akan melanjutkan ke tahap administrasi dan farmasi.

3. Alur Tidak Gawat Tidak Darurat
Saya mengamati seorang pasien yang datang untuk perawatan non-darurat. Pada tahap pendaftaran, petugas dengan ramah bertanya apakah pasien merupakan kunjungan baru atau lama, serta apakah menggunakan layanan BPJS atau umum. Setelah proses pendaftaran dengan menyerahkan KTP, pasien kemudian dipanggil untuk menjalani anamnesa dan pemeriksaan medis dasar. Jika tidak ditemukan tindakan serius yang diperlukan, pasien akan melanjutkan ke tahap administrasi dan pengambilan obat di farmasi.

Selama pengamatan saya, petugas medis dan tenaga kesehatan di Klinik Shinta menunjukkan sikap yang sangat ramah, cepat, tepat, dan penuh perhatian. Mereka tidak hanya memberikan pelayanan medis yang baik, tetapi juga memberikan kenyamanan dan kepercayaan bagi pasien dengan senyum yang selalu mengiringi setiap interaksi. Pelayanan ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pasien, tetapi juga mampu melebihi harapan mereka, menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan hati.

Dengan pelayanan yang penuh perhatian dan profesionalisme, Klinik Pratama Rawat Inap “Shinta” terus berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, dengan memastikan setiap pasien merasa dihargai dan diperhatikan dengan penuh kasih sayang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun