Inovasi di bidang kuliner setiap tahunnya selalu berkembang. Terdapat berbagai macam jenis makanan baru yang dikeluarkan dan tentunya sangat menggugah selera. Tahun lalu, masyarakat banyak menggemari Kopi Dalgona dan Salmon Mentai. Dan sekarang di tahun 2021, masyarakat sedang menggemari makanan yang bernama Croffle
Bagi pecinta makanan manis, ini dapat menjadi makanan yang wajib dicoba bahkan dapat juga masuk menjadi bagian makanan favorit mereka. Karena Croffle identik dengan makanan manis. Namun, seiring dengan berkembangnya bidang kuliner Croffle banyak variannya tidak hanya manis saja. Ini dilakukan supaya pecinta kuliner yang tidak terlalu suka dengan manis juga dapat menikmati makanan yang sedang hits ini.
Lalu, Apa itu croffle?
Croffle merupakan makanan yang dibuat hasil dari ide seorang koki asal Dublin, Irlandia, yang bernama Louise Lennox. Croffle pertama kali dijual tahun 2017 di salah satu kafe yang berada di Prancis yang bernama kafe La Petite Boulangerie milik Cuisine de France di Prancis
Croffle merupakan makanan gabungan dari “Croissant” dan “Waffle”. Gabungan “Croissant” dan “Waffle” yang dimaksud adalah pada proses memasak Croffle menggunakan adonan roti Croissant yang merupakan roti dari Perancis. Dan cara memasaknya dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama Waffle Maker. Proses pembuatannya adalah dengan membuat adonan Croissant terlebih dahulu, setelah itu adonan Croissant dimasukkan ke dalam Waffle Maker selama 4-5 menit. Croffle memiliki tekstur yang renyah dan lebih padat dibanding dengan roti Croissant.
Lalu, bagaimana Croffle bisa hits di Indonesia?
Kang Min Kyung, merupakan salah satu aktris korea sekaligus penyanyi member Idol Group bermana Davinchi, dalam sebuah unggahan video di akun Youtube miliknya pernah menyebutkan bahwa salah satu makanan favoritnya adalah Croffle. Setelah video itu tayang, para penggemar langsung ramai mencari cemilan favorit sang Idola hingga akhirnya viral.
Sedangkan di Indonesia, orang Indonesia terutama Generasi Millenial kebanyakan sangat tertarik dengan Korea. Berbagai macam hal yang berkaitan dengan Korea disukai Generasi Millenial misalnya seperti music K-POP dan drama Korea, bahkan banyak juga Generasi Millenial yang mengidolakan aktor, aktris, atau penyanyi Korea. Jadi ketika makanan “Croffle” ini viral dinegara lain, tentunya juga akan langsung cepat masuk dan viral juga di Indonesia karena penggemar Korea di Indonesia dapat dikatakan cukup banyak.
Dan benar, kini di Indonesia, Croffle menjadi makanan hits yang banyak dicari oleh orang Indonesia, serta para selebgram dan konten creator juga turut mempopulerkan cemilan “Croffle” ini di media sosial. Saat ini, “Croffle”juga sudah banyak disajikan dan menjadi salah satu menu di kedai kopi dan toko kue di Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H