Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Perbandingan Trigonometri Sinus Dengan Bantuan Aplikasi Geogebra
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
Tantangan abad ke-21 ditandai dengan terjadinya percepatan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi serta tidak terdapatnya batas antar "ruang dan waktu" antar negara yang memunculkan adanya pasar bebas. Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia harus siap menghasilkan generasi muda yang dibekali keterampilan abad ke-21.
Menurut Pebria dan Yosua (2020) dalam jurnal yang ditulisnya bahwa :
- perkembangan pendidikan di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi belum merata, hal ini disebabkan masih banyak wilayah di Indonesia yang tergolong sebagai wilayah terisolir
- kompetensi guru dalam merancang pembelajaran yang tepat dan sesuai kebutuhan diperlukan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, namun pada kenyataannya banyak guru yang belum memenuhi atau mencapai kompetensi pedagogik.
- Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran masih perlu terus ditingkatkan terkhusus dalam menguasai teknologi dan menggunakannya dalam pembelajaran.
- penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat diwujudkan dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis elektronik, pemanfaatan media sosial dalam kegiatan belajar mengajar, dan mengembangkan strategi pembelajaran dari atau bahkan memadukan pembelajaran daring dan luring (blended learning). 12)
Dalam setiap pembelajaran, hasil belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan proses belajar yang dapat digunakan untuk mengukur  kemajuan atau prestasi peserta didik selama masa tertentu. Setiap pendidik pasti berharap bahwa peserta didiknya memperoleh hasil yang maksimal, mampu menerima dan memahami materi yang disampaikan. Namun pada kenyataannya, sebagian besar peserta didik di kelas X IL 2 SMKN 2 Jember menunjukkan hasil belajar matematika yang belum maksimal, ditunjukkan dengan ketuntasan kelas 78%.Â
Hal ini dikarenakan sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan untuk mengabstraksi permasalahan perbandingan trigonometri, sehingga peserta didik enggan belajar, Â pasif dan tidak banyak peserta didik yang tertarik mempelajari materi perbandingan trigonometri.
Suciati (2022) memberikan informasi bahwa geogebra meningkatkan kemampuan: (1) kemampuan komunikasi matematis, (2) kemampuan pemahaman konsep matematis, (3) kemampuan penalaran matematis, (4) kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (5) kemampuan koneksi matematis.
Geogebra merupakan perangkat lunak yang menggabungkan geometri, aljabar, dan  kalkulus. Salah satu kemampuan Geogebra dapat memvisualisasikan materi trigonometri, misalnya pada materi perbandingan trigonometri sinus, sehingga peserta didik dapat mengeksplorasi permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri sinus yang sedang dipelajari. Sehingga penulis berkeinginan untuk berbagi hasil yang positif dengan rekan-rekan guru yang lain.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Trigonometri merupakan salah satu cabang matematika yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan, bahkan di perguruan tinggi. Namun pada kenyatannya, materi trigonometri masih merupakan salah satu materi yang dianggap sulit bagi sebagian besar peserta didik. Dengan membagikan praktik baik ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk rekan pendidik dalam menyampaikan materi perbandingan trigonometri sinus dan sebagai motivasi untuk rekan guru untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta didik, karena pada hakekatnya, peserta didik berhak mendapatkan pendidik yang baik.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.