Assalamu’alaikum wr. wb.
alhamdulillah wa syukurillah masih diberikan nikmat yang luar biasa dari Allah S.W.T mulai dari nikmat bernafas, melihat, dsb.
oke izinkan saya menuliskan resume olimpisme yang ke 11 mengenai Workshop Ketrampilan Fasilitasi Dalam Penanaman Olimpisme
WORKSHOP KETRAMPILAN FASILITASI DALAM PENANAMANOLIMPISME
TUJUAN WORKSHOP
Meningkatkan wawasan dan kompetensi para mahasiswa sebagai calonFasilitator dalam hal :
a. Kemampuan merencanakan dan mengembangkan program pelatihan/fasilitasipenanaman nilai-nilai Olimpisme sesuai kebutuhan dengan berbagai latar belakang peserta.
b. Mampu mensosialisasi & memfasilitasi program penanaman nilai-nilai Olimpismesecara efektif sesuai prinsip dan konsep belajar-mengajar /fasilitasi yang tepat dan efektif
Lingkup Materi WORKSHOP
1. Pentingnya saling mengenal dalam proses penanaman olimpisme
2. Memahami teori/ konsep proses belajar-mengajar
3. Peran fasilitator dalam proses belajar-mengajar/Fasilitasi
4. Tahapan proses fasilitasi & penerapan model Bloom (4F)
Saling Mengenal Antar Peserta Sangat Penting Dalam Proses Penanaman Nilai-Nilai Olimpisme, Kerena :
1. Keterbukaan akan mempermudah proses belajar
2. Suasana Informal menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan lebih produktif
3. Mengenal seseorang adalah bentuk dari penghargaaan terhadap orang lain.
4. Semakin banyak link atau jalur yang akan mempermudah kita di masa depan
Pengertian Belajar – Mengajar
Proses untuk mengubah perilaku, melalui aktifitas / kegiatan yang dapat menambah, mengubah,mengembangkan:
§ PENGETAHUAN (Knowledge)
§ KETRAMPILAN (Skill)
§ SIKAP (Attitude)
Dua Konsep Dasar Dalam Pendekatan Belajar – Mengajar Berdasarkan Objek/peserta
a. PAEDAGOGI
Ilmu dan Seni Dalam Mengajar Anak
b. ANDRAGOGI