Mohon tunggu...
Arif Wicaksono
Arif Wicaksono Mohon Tunggu... Dosen - UNS Solo

DKV UNS Solo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Workshop Pembuatan Katalog Online untuk Mendukung Pemasaran Produk Rotan

28 Juni 2021   12:21 Diperbarui: 28 Juni 2021   12:43 393
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WORKSHOP PEMBUATAN KATALOG ONLINE UNTUK MENDUKUNG PEMASARAN PRODUK KERAJINAN ROTAN DI DESA Prodi D3 Desain Komunikasi Visual, Sekolah Vokasi UNS yang tergabung dalam Riset Group DKV Media Interaktif menyelenggarakan workshop pembuatan katalog online untuk mendukung pemasaran produk kerajinan rotan pada desa wisata Trangsan, Gatak, Sukoharjo. Kegiatan ini merupakan realisasi dari program pengabdian pada masyarakat.

Workshop yang menghadirkan narasumber: Arif Ranu Wicaksono, S.Kom., M.Kom. dari FSRD UNS berisi pendataan produk rotan di desa wisata Trangsan untuk pembuatan katalog online. Workshop diikuti oleh peserta dari Koperasi Serba Usaha Manunggal Jaya Trangsan dan Forum Klaster Rotan Trangsan dengan latar belakang peserta workshop berasal dari kalangan pengrajin UMKM Rotan Trangsan. Menurut Jauhari, S.Sn.,M.Sn. selaku ketua kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, workshop ini bertujuan untuk mendukung pemasaran produk kerajinan rotan di desa wisata Trangsan, Gatak, Sukoharjo. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta dapat membuat e- katalog online secara mandiri untuk mempromosikan agar produknya dapat menjangkau calon konsumen yang lebih luas memalui jaringan internet.

workshop-60d95ae306310e0452081762.jpeg
workshop-60d95ae306310e0452081762.jpeg
dokpri
dokpri
Pemasaran produk melalui e-katalog merupakan langkah  strategis dalam membantu mengembangkan usaha di tengah pandemi covid19 yang berdampak pada sektor penjualan kerajinan rotan di Trangsan, Gatak, Sukoharjo. Kegiatan workshop yang dimulai dengan inventarisasi data tentang produk rotan yang siap ditampilkan pada katalog online pada masing-masing UMKM peserta pelatihan, dalam kesempatan selanjutnya akan membuat rancangan web/ blog media dalam mengembangkan e-katalog secara online.  Kehadiran website lebih mudah diakses masyarakat di berbagai daerah serta website mampu memberikan informasi yang lebih efisien dan up to date.

Kehadiran website sebagai media pemasaran secara online juga sangat cocok dalam mengenalkan kepada masyarakat luas tentang potensi dan keunggulan suatu produk yang ingin dipasarkan di tengah pandemi covid19 sekarang ini. Harapan juga disampaikan oleh Suparji, Ketua Koperasi Serba Usaha Manunggal Jaya Trangsan, Gatak, Sukoharjo, bahwa melalui katalog online berupa e-katalog atau website adalah media yang didambakan untuk bisa membantu pemasaran produk dari perajin rotan di Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo sekaligus sarana komunikasi dengan buyer selain media cetak seperti brosur, flyer, katalog cetak yang tidak dapat up to date secara cepat. Dengan adanya website maka promosi yang dilakukan dapat terus up to date baik harga maupun info produk-produk terbaru.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun