Mohon tunggu...
Arif Rahman
Arif Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka mengaji,dan bermain bola

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori ley vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

18 Januari 2025   07:33 Diperbarui: 18 Januari 2025   07:33 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berikut adalah ringkasan teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif:

*Teori Lev Vygotsky (1896-1934)*

1. *Konstruktivisme Sosial*: Pengetahuan dibangun melalui interaksi sosial.
2. *Zona Perkembangan Proksimal*: Anak belajar optimal ketika berinteraksi dengan orang yang lebih berpengalaman.
3. *Pengajaran Berbasis Kolaborasi*: Anak belajar melalui kerja sama dengan orang lain.
4. *Peran Bahasa*: Bahasa memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif.
5. *Perkembangan Sosial*: Anak membangun identitas sosial melalui interaksi dengan orang lain.

*Tahapan Perkembangan Vygotsky*

1. *Tahap Pra-Linguistik (0-2 tahun)*: Anak berkomunikasi melalui gerakan dan ekspresi.
2. *Tahap Egocentrisme (2-7 tahun)*: Anak berpikir secara egocentrisme.
3. *Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun)*: Anak berpikir secara logis.
4. *Tahap Operasional Formal (11 tahun ke atas)*: Anak berpikir secara abstrak.

*Teori Jean Piaget (1896-1980)*

1. *Konstruktivisme*: Anak membangun pengetahuan melalui pengalaman.
2. *Skema*: Anak membangun konsep melalui pengalaman.
3. *Asimilasi*: Anak mengintegrasikan pengalaman baru ke dalam skema.
4. *Akomodasi*: Anak menyesuaikan skema dengan pengalaman baru.
5. *Equilibrasi*: Anak mencapai keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi.

*Tahapan Perkembangan Piaget*

1. *Tahap Sensorimotor (0-2 tahun)*: Anak berinteraksi dengan lingkungan melalui indera.
2. *Tahap Pra-Operasional (2-7 tahun)*: Anak berpikir secara simbolik.
3. *Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun)*: Anak berpikir secara logis.
4. *Tahap Operasional Formal (11 tahun ke atas)*: Anak berpikir secara abstrak.

*Perbandingan Vygotsky dan Piaget*

1. *Fokus*: Vygotsky (sosial), Piaget (kognitif).
2. *Peran Bahasa*: Vygotsky (penting), Piaget (tidak penting).
3. *Tahapan Perkembangan*: Vygotsky (empat tahap), Piaget (empat tahap).
4. *Peran Pengalaman*: Vygotsky (interaksi sosial), Piaget (pengalaman individu).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun